Akper Pemkab Purworejo Resmi Berubah Bentuk Jadi Stikes

STIKES : SK Perubahan bentuk Akper Pemkab Purworejo menjadi Stikes diserahkan oleh Kepala LL Dikti Wilayah VI Jateng kepada Ketua Yayasan Manggala Praja Adi Purwa Purworejo didampingi Ketua Stikes Pemkab Purworejo, di Semarang pada Senin (22/05/2023) lalu.

PURWOREJO- Akademi Keperawatan (Akper) Pemkab Purworejo yang terletak di Jalan Raya Kutoarjo-Purworejo Km 6,5 resmi berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes). Dengan perubahan bentuk tersebut, nama Akper Pemkab Purworejo berubah menjadi Stikes Pemkab Purworejo.

Perubahan bentuk dari Akper menjadi Stikes tertuang dalam SK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nomor: 397/E/O/2023 tertanggal 2 Mei 2023. Penyerahan SK telah dilakukan oleh Kemendikbudristek melalui Kepala LL Dikti Wilayah VI Jateng, Bhimo Widyo Andoko, kepada Ketua Yayasan Manggala Praja Adi Purwa Purworejo Kendrasmoko, didampingi Ketua Stikes Pemkab Purworejo, Wahidin SKep Ns MKep, di Semarang pada Senin (22/05/2023) lalu.

Wahidin saat dikonfirmasi mengaku bersyukur atas diterimanya SK perubahan bentuk tersebut. Menurutnya, perubahan bentuk menjadi Stikes telah melalui proses panjang dan sudah dicita-citakan sejak tahun 2016. Dengan tetap memiliki Prodi D3 Keperawatan, Stikes Pemkab Purworejo akan menjalankan perkuliahan satu prodi baru, yakni S1 Administrasi Rumah Sakit.

“Untuk mendukung perubahan bentuk ini banyak hal sudah dipersiapkan, termasuk SDM, dosen, sarana prasarana, dan fasilitas lainnya. Dan itu semua sudah terpenuhi. Selanjutnya kami mulai tahun 2024 akan fokus untuk mulai mengajukan Prodi baru yang rencananya S1 Keperawatan dan profesi ners,” kata Wahidin didampingi Ketua Tim Pembentukan Stikes, Ahmad Muzaki Skep MKep, Rabu (31/05/2023)

Diungkapkan, dipilihnya perubahan menjadi Stikes dilatarbelakangi banyaknya masyarakat yang membutuhkan akses kesehatan, terutama kampus kesehatan. Sementara itu, lembaga pendidikan tinggi yang akrab atau familier di masyarakat adalah Stikes.

“Stikes Pemkab Purworejo ini menjadi satu-satunya Stikes di wilayah Kedu Selatan. Ini sekaligus menjawab cita-cita para pendiri dulu untuk mengembangkan menjadi lebih baik dan besar lagi,” ungkapnya.

Secara resmi, perubahan bentuk dan nama Stikes Pemkab Purworejo akan diluncurkan pada 24 Juni 2023 mendatang. Prosesi peluncuran akan dihadiri 50-an rektor perguruan tinggi dari Yogyakarta, LL DIKTI Wilayah V Yogyakarta, APTISI Wilayah V Yogyakarta, LLDIKTI Wilayah VI Jateng, serta para rektor dari perguruan tinggi se-Jateng.

“Kita sudah menyiapkan rangkaian kegiatan menuju STIKES, antara lain ada kuliah pakar, workshop dan kuliah umum. Dalam puncak kegiatan ada acara gowes dengan rute sejauh 15-18 Km dan full dorprize,” terangnya.

Lebih lanjut Wahidin menyampaikan bahwa mengingat institusi ini bercikal bakal dari Pemkab Purworejo, maka ke depan diharapkan masyarakat Purworejo dapat mengakses pendidikan di daerahnya sendiri. Tidak perlu jauh-jauh ke kota lain, Stikes Pemkab Purworejo yang telah sesuai standar menjadi alternatif terbaik.

“Harapan besarnya kita bisa lebih berperan bagi masyarakat. Tentu tidak hanya Purworejo, melainkan juga daerah sekitar,” tandasnya. (dra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test