Bersih Desa Laban, Jauhkan Dari Roh Jahat

NGOMBOL-Warga Desa Laban Kecamatan Ngombol Purworejo memiliki tradisi tersendiri di bulan Muharam atau Suro dalam penanggalan Jawa. Mereka melakukan kegiatan bersih desa.

Dalam acara tersebut warga akan mengirimkan seaji yang diperuntukkan bagi para leluhur desa serta menggelar tradisi Jawa seperti pertunjukan wayang kulit dan tari tradisional.

Ritual bersih desa yang dilakukan ini biasanya diawali dengan menggelar kenduri yang diikuti warga serta perangkat desa.

“Bersih Desa merupakan slametan atau upacara adat Jawa untuk memberikan sesaji kepada danyang desa,” kata salah satu perangkat desa, Hadi, Selasa (1/8/2023).

Menurutnya, sesaji berasal dari warga untuk menyumbangkan makanan. Bersih desa dilakukan oleh masyarakat dusun untuk membersihkan desa dari roh-roh jahat yang mengganggu. Maka sesaji diberikan kepada danyang, karena danyang dipercaya sebagai penjaga sebuah desa.

“Tradisi Bersih Desa sebagai upacara adat memiliki makna spiritual di baliknya. Bersih Desa bertujuan untuk mengungkapkan syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang didapat. Selanjutnya, upacara bersih desa bertujuan untuk memohon perlindungan dari hal-hal negatif dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Hadi. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test