Ensaku, Komunitas Cosplay Animenya Purworejo

komunitas ensaku purworejo
Anggota Komunitas Ensaku saat berkumpul di Alun-alun Purworejo.

PURWOREJO-Penggiat cosplay yang tergabung dalam komunitas Ensaku menggelae gathering di seputar Alun-alun Purworejo, Minggu (6/8/2023). Diikuti anggotanya yang terdiri para pemuda pemudi lintas usia, jalannya kegiatan berlangsung semarak.

Ketua Ensaku Purworejo Rizky (21) mengatakan Cosplay merupakan gabungan dari kata costume (kostum) dan play (bermain). Sementara untuk Ensaku adalah singkatan dari eien no sakura Purworejo yang berarti bunga sakura yang abadi atau tidak pernah gugur di Purworejo.

‘Ensaku menjadi wadah menyalurkan hobi dan minat, melakukan cosplay memberikan banyak manfaat, mulai dari mengembangkan kreativitas hingga menghibur dan menginspirasi orang lain,” kata Rizky.

Ditambahkan, cosplay merupakan jenis tipe seni pertunjukan dimana pesertanya memakai kostum dan aksesoris untuk menggambarkan suatu karakter tertentu. Sumber utama kostum atau karakter yang diadopsi dalam cosplay berasal dari karakter Jepang, manga, film, game, anime, film Amerika (Hollywod), bahkan karakter fiksi ilmiah.

Di Purworejo, hingga saat ini memiliki 166 anggota. Mereka berasal dari berbagai unsur dari yang masih sekolah hingga sudah bekerja. Secara rutin, mereka bertemu seminggu sekali dalam acara yang dikemas semacam gathering.

“Tidak ada persyaratan khusus untuk bergabung dengan Ensak. Hanya saja yang pasti menyukainya dunia cosplay, selain cosplay juga ruang para penyuka penggambar anime maupun mainan jejepangan,” imbuh Rizky.

Salah satu anggota, Netta (18) warga Baledono dengan cosplay Tomiee dari Junji Ito menyampaikan bahwa dirinya menyukai cosplay karena unik dan kreatif. “Karakter yang menjadi gambaran cosplay menginspirasi dan juga dapat menjadi edukasi,” katanya. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test