SMK Pansa Kutoarjo Berikan Beasiswa bagi Siswa Berprestasi

KUTOARJO-SMK Pancasila 1 (Pansa) Kutoarjo memberikan apresiasi kepada siswanya yang berprestasi dalam bidang minat dan bakat. Penghargaan yang diberikan sekolah yang beraada di Jalan Mayjend S Parman, Kutoarjo ini berupa uang pembinaan yang diberikan per siswa.

Kepala SMK Pansa Kutoarjo Septi Endah Parwati melalui Waka Kesiswaan Sutarna mengatakan besaran uang pembinaan dibedakan dalam tingkat kejuaraan yang diikuti. Antara lain tingkat propinsi, tingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan.

“Pemberian beasiswa ini sebagai pemacu anak supaya berprestasi. Sekaligus sebagai bentuk motivasi bagi siswa lainnya supaya juga ikut berprestasi. Tujuannya pasti supaya SMK Pansa Kutoarjo terus bersinar prestasinya,” ujar Nana, panggilan akrab Sutarna, Rabu (09/08/2023).

Pemberian beasiswa ini, juga diberikan pada siswa yang berprestasi di bidang akademik dengan perolehan rangking di sekolah.

Nana menambahkan, beasiswa tersebut juga berdampak positif bagi siswa. Hal itu dibuktikan dengan animo siswa yang terus meningkat untuk mengikuti berbagai event atau kejuaraan. Setiap kali ada informasi kegiatan kejuaraan, mereka selalu mengikuti dan tak pernah melewatkannya.

“Sebagai bentuk dukungan dari sekolah, kita selalu berikan bimbingan maupun pelatihan bagi siswa yang akan mengikuti lomba atau kejuaraan. Dengan seringnya ikut kejuaraan ini, harapannya SMK Pansa Kutoarjo makin moncer di dunia minat bakat,” ungkap Nana.

Baca Juga Pasar Kutoarjo Akan Dibangun

Adanya prestasi siswa ini, bisa dijadikan sarana untuk promosi pada saat presentasi PPDB. Dan ending yang diharapkan, PPDB bisa makin meningkat.
Nana menjelaskan, prestasi terakhir yang diraih siswa SMK Pansa Kutoarjo dalam bidang minat dan bakat ini, berhasil meraih juara 1 tingkat Kabupaten Purworejo dalam kompetisi futsal memperebutkan piala Bupati Cup 2023 yang diselenggarakan Bakorda FKBN Purworejo, FOKP Kabupaten Purworejo dan penggiat sosmed.

Atas prestasinya ini, tim futsal yang beranggotakan Irfan Mubarok (Xll TPL), Robiyanto (Xll TPL), Dwi Hidayanto (Xll TPL), Atmaja Prsasti.T (XII TBSM A), Deka Putra.S (XII TBSM A), Muhamad Al Ayubi (XII TBSM B),

Bowo Adi Saputra (Xll TP), Adit tri Saputra (Xll TP), Brizky Setyardi (Xl TPL), Alfian Abu Zahro (XI TP) dan Fathan Soffan Fadzilah (X TOSM G) ini dari kejuaraan tersebut mendapat hadiah berupa piala dan uang pembinaan sebesar Rp 2,5 juta.

“Kita juga mendapat juara 1 untuk Best Suporter. Salah satu pemain kita, Dwi Hidayanto dinobatkan sebagai Best Player. Penyerahan hadiah dilakukan oleh Wabup Purworejo Hj Yuli Hastuti,” terang Nana.

Prestasi lainnya, kata Nana, salah satu siswa bernama Nur Hidayat (XI TKJ), berhasil meraih juara 3 se Jateng-DIY dalam Kompetisi Matematika tahun 2023 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test