Piagam Bupati Inspirator Desa dari Kades Megulungkidul

PITURUH-Kegiatan Bupati Saba Desa (BSD) di wilayah Kecamatan Pituruh kembali dilaksanakan, Jumat (11/8/2023). Di Desa Megulungkidul, Bupati Purworejo Agus Bastian mendapatkan Piagam Penghargaan Bupati Inspirator Desa dari Kepala Desa Megulungkidul Malik Khairul Anam MPd.

Pada kesempatan ini Bupati dan rombongan mengunjungi enam desa, yaitu Desa Megulungkidul, Desa Karanggetas, Desa Pekacangan, Desa Petuguran, Desa Luwengkidul dan Desa Luwenglor. Turut mendampingi Staf Ahli Bupati bidang Ekobang Nurfiana, Kepala DP3APMD Laksana Sakti, Kepala DKPP Hadi Sadsila, Kepala Dindikbud Wasit Diono, Kabag Prokopim Triwahyuni Wulansari, dan Forkopimcam Pituruh.

Dalam sambutannya di setiap desa yang dikunjungi Bupati Purworejo mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepada seluruh warga masyarakat dan pemerintah desa. Penyambutannya sangat hangat dan ramah, tidak akan bisa dilupakan.

“Kehadiran kami mengunjungi desa untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat desa,” ungkapnya.

Baca juga Sambangi Pituruh, Bupati Sebut Purworejo Punya Tempat Wisata Bagus

Selain itu juga untuk mengapresiasi kinerja pemdes dan kepala desa. Serta yang tidak kalah penting adalah untuk menginformasikan program-program Pemerintah Kabupaten Purworejo yang telah dilaksanakan, salah satunya proyek-proyek nasional. “Kalau dulu leluhur Bupati Purworejo pertama RAA Tjokronegoro I membangun saluran Kedung Putri, Alhamdulillah kami meninggalkan Bendungan Bener, yang konon terbesar se-Asia Tenggara. Serta beberapa hari lalu kami juga membuka Art Center, mungkin beberapa bulan kedepan ada mini zoo yang sudah mulai dibangun,” jelasnya.

Sementara Kades Megulungkidul menerangkan, torehan prestasi Desa Megulungkidul terwujud atas dukungan Bupati Purworejo. Indeks desa membangun (IDM) Desa Megulungkidul naik menjadi desa maju pada tahun 2022, yang sebelumnya berstatus desa berkembang.

Melalui SK Bupati Purworejo Desa Megulungkidul mendapat SK desa wisata rintisan dan dinobatkan sebagai 5 besar desa wisata rintisan. Hal itu membuat Desa Megulungkidul memiliki progress yang baik, dan karena prestasi tersebut besaran dana desa terus bertambah.

Di tahun yang sama Desa Megulungkidul mendapat prestasi juara 1 pada pagelaran desa brilian untuk regional Jawa Tengah dan Yogyakarta pada batch ke 3, diselenggaran Bank BRI bekerja sama dengan Universitas Diponegoro. Kemudian mendapat jura 3 nasional pada malam Nugraha Karya Desa Brilian yang di selenggarakan di Menara Brilian Jakarta Pusat.

“Atas dasar itu, kami menyematkan Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM sebagai Bupati Inspirator Desa. Semoga apa yang kami lakukan ini akan dikenang pak Bupati dan menjadi semangat untuk pembangunan Purworejo lebih baik lagi,” ungkapnya.

Bupati Purworejo langsung mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pemdes dan Kepala Desa Megulungkidul.

“Terimakasih pak Lurah telah memberi penghargaan yang sebelumnya tidak pernah saya kira. Karena memang baru kali ini ada Lurah yang memberikan apresiasi ini, selama kegiatan BSD,” ungkapnya.

Kartika Wahyuningrum guru SD N Petuguran secara pribadi mengungkapkan Program Bupati Sobo Deso sangat baik sebagai jembatan aspirasi masyarakat Purworejo.

“Perlu menjadi program yang berkelanjutan, sehingga masyarakat menjadi lebih mudah serta melihat aksi nyata secara langsung,” katanya. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test