Nilai Kejuangan Harus Dimaknai dengan Baik

karnaval banyuurip
LEPAS : Wakil Bupati Yuli Hastuti bersiap melepas keberangkatan karnaval Peringatan HUT RI ke-78 tingkat Kecamatan Banyuurip, Sabtu (12/8/2023)

BANYUURIP-Kegiatan karnaval efektif sebagai media promosi dan mensosialisasikan program, produk maupun kegiatan yang dimiliki lembaga maupun perorangan. Manfaat lainnya menjadi sarana hiburan yang cukup menarik perhatian masyarakat berbagai usia dan kalangan.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti saat melepas Lomba Karnaval tingkat Kecamatan Banyuurip, Sabtu (12/8/2023). Peserta karnaval berjumlah 28 regu, yang terdiri dari desa-desa yang ada di wilayah Kecamatan Banyuurip dan lembaga masyarakat. Turut mendampingi Camat Banyuurip Siswantoro Dwi Nugroho, Forkopimcam Banyuurip, serta Kepala Desa se-Kecamatan Banyuurip.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti menyampaikan terimakasih untuk seluruh masyarakat Kabupaten Purworejo yang telah melaksanakan kegiatan dalam rangka HUT RI ke 78. Apresiasi juga diucapkan untuk warga masyarakat Kecamatan Banyuurip karena berinisiatif mengadakan lomba karnaval.

Baca Juga Wabup Lepas Jalan Sehat Ribuan Warga Banyuurip

“Saya menyambut baik diadakannya kegiatan lomba karnaval ini sebagai salah satu bentuk penghargaan terhadap para pejuang. Warga masyarakat senantiasa mengingat dan meneladani nilai-nilai kejuangan itu. Untuk itu kegiatan seperti ini hendaknya tidak hanya sekedar menjadi rutinitas belaka, setelah itu hilang begitu saja, melainkan harus dimaknai dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Wabup menambahkan bahwa kegiatan positif ini dapat merefleksikan perjuangan para pendahulu. Selain itu karnaval bisa menjadi media pemeliharaan budaya.

“Karnaval secara tidak langsung menjadi etalase seni budaya yang dapat ditampilkan. Contohnya gambaran keberagaman masyarakat lndonesia, yang harus kita pelihara dan kita pupuk sebagai sebuah kekuatan. Sebagaimana semboyan negara Indonesia Bhinneka Tunggal Ika,” tandasnya.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati berpesan untuk terus merawat kekayaan seni budaya dan mengembangkannya.

“Melalui kegiatan ini, semakin meningkatkan apresiasi masyarakat untuk mengembangkan kekayaan seni budaya, serta berbagai potensi yang kita miliki dan menjadi kebanggaan kita bersama,” pungkasnya.

Sementara itu ditemui secara terpisah Camat Banyuurip Siswantoro Dwi Nugroho mengatakan lomba karnaval merupakan perwujudan rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia yang telah diraih oleh para pahlawan, pejuang dan tokoh bangsa 78 tahun silam.

“Karnaval ini merupakan simbol spirit kami untuk melanjutkan perjuangan dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan. Kehadiran Wakil Bupati Purworejo ibu Yuli Hastuti sebagai perwakilan dari unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo yang sekaligus memberangkatkan karnaval tersebut menambah motivasi kami untuk bersatu padu dalam pembangunan mencapai Purworejo Berdaya Saing, mewujudkan Purworejo Mulyo, Banyuurip Joyo,” kata Siswantoro. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test