Kwaran Purworejo Berikan Penghargaan Pramuka Berprestasi

kwaran purworejo
PENGHARGAAN : Plt Camat Purworejo Adi Pawoko memberikan penghargaan kepada anggota Pramuka berprestasi usai upacara peringatan HUT Pramuka ke-62 tahun 2023 tingkat Kwaran Purworejo di halaman SMK TKM Purworejo, Senin (14/8/2023).

PURWOREJO-Pelaksana tugas (Plt) Camat Purworejo Adi Pawoko menjadi pembina upacara dalam peringatan HUT Pramuka ke-62 tahun 2023 tingkat Kwaran Purworejo di halaman SMK TKM Purworejo, Senin (14/8/2023). Diikuti segenap andalan penegak dari SLTA se Kwaran Purworejo, dan dihadiri Ketua Kwarcab Pram Prasetyo Ahmad, Ketua Kwarran Purworejo Tamsir Mardi Utomo, Kapolsek Purworejo AKP Bruyi Rohman, Korwilcambidik Kecamatan Purworejo Wiwik Trisnaningsih serta segenap andalan Kwarran Purworejo.

Tamsir Mardi Utomo mengatakan pada malam sebelumnya telah dilakukan upacara ulang janji Pramuka dengan pembina upacara Plt Camat Purworejo yang juga dihadiri Kapolsek dan Danramil Purworejo, Korwilcambidik dan diikuti perwakilan gugus depan yang berpangkalan di SLTA di Kwarran Purworejo.

“Pada upacara peringatan Hari Pramuka kali ini juga ada penyerahan penghargaan Satya Lencana Panca Warsa dari Kwarnas, atas pengabdiannya di bidang kepramukaan oleh para pembina di Kwaran Purworejo,” ungkap Tamsir.

Para penerima Satya Lencana Panca Warsa ini, Hasanuddin SDN Keseneng , Ari Mikuwati SDN Brenggong, Suherman SDN 3 Baledono, Sumarwati SDN 3 Baledono, Sri Wahyuningsih SDN 3 Baledono , Yulianti SDN 3 Baledono, Budi Pracoyo SDN Brengkelan, Mari Puji Lestari Dewan Kehormatan Kwarran dan Ismanto SDN Semawung.

Selain penghargaan dari Kwarnas tersebut, kata Tamsir, penghargaan juga diberikan kepada para anggota Pramuka muda yang berprestasi baik itu tingkat propinsi (kwarda) maupun Kabupaten (Kwarcab).

Tamsir menyebut beberapa prestasi ini, diantaranya juara 1 putri lomba Pramuka Garuda Kwarda Jateng atas nama Mesi Naomi Azalia dan juara 3 putra atas nama Adventio Abram Ramiro. Keduanya merupakan siswa SMPN 2 Purworejo.

“Pada Kemah Bela Negara tingkat nasional di Kalimantan pada Juli 2023 lalu, dari SMPN 2 Purworejo yang mengirim satu regu Piros beranggotakan 8 siswa berhasil meraih juara 1 Lomba Mini Vlog dalam event tersebut,” terang Tamsir sambil menambahkan, tema Hari Pramuka tahun 2023 ini ‘Meningkatkan Kwalitas Sumberdaya Manusia yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan’.

Ketua Kwarcab Purworejo Pram Prasetyo Achmad menyampaikan,untuk pelaksanaan upacara peringatan Hari Pramuka tingkat Kwarcab, pelaksanaannya mengikuti tingkat Kwarda, yakni setelah pelaksanaan estafet pada 28 Agustus 2023. Untuk Kwarcab Purworejo, estafet Kamis (24/08/2023) dan pelaksanaan upacara HUT pada Sabtu (26/8/2023).

Pram menyebut, di kepramukaan menanamkan nilai-nilai kebangsaan, patriotisme, dan cinta NKRI. Hal itu menjadi bagian yang ada dalam seluruh kegiatan Pramuka. Dengan hasduk merah putih yang melingkar di leher, seorang Pramuka memiliki semangat merah putih pada dirinya. Dan semangat itu terus digelorakan, salah satunya lewat momentum Hari Pramuka.

“Dan yang terpenting, Gerakan Pramuka itu memiliki daya tangkal terhadap pengaruh negatif globalisasi,” ujar Pram.

Terpisah, Ki Gandung Ngadina selaku Ketua Harian Majelis Luhur Tamansiswa yang membawahi SMK TKM Purworejo menyebut, dalam hal pendidikan, terjadi sinergi antara kegiatan Pramuka dengan Tamansiswa, karena memiliki satu visi untuk mendidik. Jika secara formal melalui sekolah dan non formal melalui Pramuka.

“Hubungan Tamansiswa dengan pendidikan non formal Kepramukaan sangat sinkron sekali karena tujuannya sama, mendidik dan mendukung untuk mewujudkan SDM yang unggul,” pungkas Ki Gandung. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test