Pejabat dan Kepala OPD Ikuti Lomba Pidato Bahasa Jawa

PURWOREJO-Dalam rangka memeriahkan HUT Ke 78 RI, Pemerintah Kabupaten Purworejo mengadakan Lomba Pidato Bahasa Jawa bagi pejabat dan kepala perangkat daerah. Seluruh peserta dalam lomba yang diselenggarakan di ruang Arahiwang Setda Kabupaten Purworejo Selasa (15/08/2023) tersebut, mengenakan pakaian adat Jawa.

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti mengatakan kebudayaan Jawa terkesan semakin ditinggalkan oleh masyarakat Jawa. Salah satu penyebabnya adalah perubahan zaman yang sangat cepat.

“Banyak orang Jawa yang tidak bisa berbahasa Jawa dengan baik, termasuk pejabat pemerintahan, ” katanya dalam Bahasa Jawa.

Baca juga SMPN 15 Purworejo Akan Optimalkan Pemanfaatan HP untuk Belajar

Hal ini menurut Wabup sangatlah memprihatinkan, karena budaya Jawa bahkan sudah ditinggalkan oleh masyarakat Jawa sendiri. “Padahal justru banyak orang asing yang ingin mempelajari budaya Jawa, karena berbeda dengan suku lain,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan oleh Wabup bahwa dalam budaya Jawa, diajarkan tata cara bertutur kata yang sopan kepada orang yang lebih tua, anak muda, atau kepada orang lain. Budaya Jawa juga memiliki tarian, nyanyian, dan permainan tradisional yang bagus.

“Saya harap kita semua dapat melestarikan budaya Jawa, termasuk bahasa Jawa, agar tidak hilang dan dapat diwariskan kepada generasi mendatang,” harapnya.

Kepala Dinpusip selaku penyelenggara Eny Sudiyati mengatakan tujuan diadakan lomba pidato bahasa Jawa adalah untuk meningkatkan kualitas SDM dilingkungan pejabat Pemkab Purworejo. Ada 55 peserta dan 3 tema yaitu, Tresno Dumateng Bumi Pertiwi Indonesia, Gemah Ripah Loh Jinawi Indonesia dan Tepo Seliro Lan Gotong Royong.

“Tujuan utama adalah untuk meningkatkan SDM di lingkungan kerja Pemkab Purworejo, sekaligus untuk memeriahkan HUT ke 78 RI Harapannya dari kegiatan ini kita semua dapat melestarikan budaya bangsa Indonesia, khususnya budaya Jawa,” jelasnya.

Dimintai pendapatnya, Rita Purnama selaku Staf Ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan SDM yang juga sebagai peserta lomba mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan lomba pidato bahasa Jawa di lingkungan Pemkab Purworejo.

“Kami sangat mengapresiasi, kegiatan ini diinisiasi langsung oleh pak Bupati, agar semua pimpinan bisa berbicara/sambutan dengan bahasa Jawa. Dan ternyata teman-teman OPD antusias,” katanya..

Sementara itu Direktur RS RAA Tjokronegoro dr Dony Prihartanto mengatakan kegiatan tersebut mengingatkan akan pentingnya bahasa Jawa. Selain itu, sebagai ajang silaturahmi bagi pimpinan OPD di Kabupaten Purworejo.(nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test