Upaya Wujudkan Cita-cita Kemerdekaan Butuh Kerja Keras Lagi

tasyakuran hut ri purworejo
AJAK : Bupati Agus Bastian mengajak masyarakat untuk bekerja keras lagi untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan dalam acara tasyakuran HUT RI di pendopo rumah dinas bupati, Rabu (16/8/2023) malam.

PURWOREJO-Bupati Purworejo Agus Bastian menghadiri acara Tasyakuran Hari Ulang Tahun ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia, bersama para perintis kemerdekaan, Angkatan 45, Veteran, Warakawuri, pemuka agama, serta unsur generasi muda, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo Kamis malam (16/8/2023).

Turut hadir Wakil Bupati Yuli Hastut, Ketua DPRD Dion Agasi Setyabudi, Sekda Said Romadhon, perwakilan Forkopimda, serta pimpinan OPD.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa menjelang peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan, adalah waktu yang tepat untuk bangsa Indonesia menundukkan hati dan pikiran, mengenang perjuangan heroik para pahlawan kusuma bangsa.

“Melalui acara tasyakuran yang dilaksanakan hingga tingkat RT ini, sesungguhnya rakyat Indonesia ingin menunjukkan rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Tanpa kemerdekaan yang diproklamirkan tanggal 17 Agustus 1945 kita tidak akan pernah bisa merasakan kemerdekaan seperti sekarang ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, momentum peringatan ini menjadi wahana untuk merenung, melakukan refleksi dan introspeksi. Kontribusi apa yang telah kita sumbangkan untuk mengisi kemerdekaan.

Dirinya percaya semua komponen masyarakat sudah bekerja keras sesuai bidang masing-masing, untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat. “Namun kita harus mengakui, upaya mewujudkan cita-cita kemerdekaan masih memerlukan proses dan kerja yang lebih keras lagi. Mari kita gelorakan semangat 45 dan semangat patriotisme, saya yakin dapat mewujudkan cita-cita kemerdekaan,” ajaknya.

Ketua panitia H Aziz Muslim mengungkapkan kegiatan tasyakuran dihadiri 400 undangan yang terdiri dari perintis kemerdekaan, Angkatan 45, Veteran, Warakawuri, pemuka agama, serta unsur generasi muda.

Acara tasyakuran dimulai tepat pukul 20:00 WIB yaitu dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Purworejo. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan ayat Al-Qur’an, pembacaan tahlil dan doa untuk para leluhur Kabupaten Purworejo.

Puncak tasyakuran ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Purworejo Agus Bastian yang diserahkan langsung kepada ketua KNPI Kabupaten Purworejo Muhammad Musyafa SH. Rangkaian ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test