Aglik Gelar Festival Panjat Pinang sebagai Daya Tarik Wisata

festival panjat pinang aglik grabag purworejo.
PANJAT : Masyarakat turut meramaikan festival panjang pinang yang diadakan di Desa Aglik, Kecamatan Grabag, Purworejo, Minggu (20/8/2023).

GRABAG-Dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia Pemdes Aglik Kecamatan Grabag kembali menggelar Festival Panjat Pinang 2023 yang dilangsungkan di Jembatan Sengoro Desa Aglik Kecamatan Grabag, Minggu (20/8/2023). Festival dibuka langsung oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti .

Tampak hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Kelik Susilo Ardani, Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Purworejo Rini Sumadiyaningrum, Direktur PDAM Hermawan Wahyu Utomo, Camat Grabag Eko Setyo Husodo beserta jajaran Forkompincam Grabag.

Wabup dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Desa Aglik yang telah ikut serta memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-78 RI melalui kegiatan Festival Panjat Pinang, yang tidak hanya diikuti warga Desa Aglik, tetap juga warga desa sekitarnya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi hiburan dan daya tarik wisata, yang menjadi ikon Desa Aglik,” kata Wabup.

Menurut Wabup, lomba panjat pinang merupakan sebuah acara tradisional yang sarat dengan makna dan simbolisme tentang kerja sama, tekad dan semangat pantang menyerah yang sepatutnya diteladani.

“Kita tahu panjat pinang bukanlah pekerjaan mudah, namun dengan semangat kebersamaan dan tekad yang kuat, kita dapat menghadapinya dengan penuh keberanian dan semangat juang,” tutur Wabup.

Sementara itu Ketua Panitia kegiatan Viktor Andi menyampaikan festival yang digelar untuk kedelapan kalinya ini menyiapkan enam buah pinang dengan berbagai hadiah menarik dengan total hadiah per-pinang mencapai Rp. 2,5 juta. Adapun untuk peserta adalah dari masing-masing RW di Aglik ditambah juga warga desa lain disekitarnya dengan jumlah 20 tim.

“Masing-masing RW kita bagi satu pohon terus untuk luar desa itu kita undang 12 desa disekitar kita dan kita kasih tiga pohon,” kata Viktor.

Viktor berharap agenda rutin ini dapat terus berlanjut ditahun-tahun mendatang, karena selain memeriahkan HUT Kemerdekaan agenda ini juga sebagai daya tarik wisata sekaligus media untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Aglik. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test