Anggota Pramuka Peroleh Penghargaan dari Wakil Bupati

upacara hari pramuka
PENGHARGAAN : Anggota Pramuka berprestasi mendapatkan penghargaan dari Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti dalam Upacara pada upacara peringatan hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 di Alun-Alun Kecamatan Kemiri, Sabtu (26/8/2023).

KEMIRI-Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti menjadi inspektur Upacara pada upacara peringatan hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 Tingkat Kwarcab Kabupaten Purworejo, yang dipusatkan di Alun-Alun Kecamatan Kemiri, Sabtu (26/8/2023). Wabup menyerahkan penganugerahan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka Lencana Pancawarsa, Lencana Melati dan Lencana Darma Bakti kepada perwakilan penerima dari total 118 Kakak Pembina dan satu Adik Pramuka Kabupaten Purworejo.

Hadir Kapolres Purworejo AKBP Victor Ziliwu, Dandim 0708 Purworejo Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo, Ketua Kwarcab Purworejo H Pram Prasetya Achmad beserta pengurus, jajaran Mabicab Purworejo, Ketua Kwarran se Kabupaten Purworejo, serta pasukan upacara yang diikuti pelajar sejumlah SD/SMP/Mts di Kecamatan Kemiri.

Wabup yang membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Budi Waseso mengatakan, perlunya ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena gerakan pramuka dapat terus maju dan berkembang. Selain itu Pramuka juga dapat terus berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintahan serta menangani pendidikan non formal dalam pembentukan karakter.

Tema utama peringatan Hari Pramuka ke-62 pada tahun 2023 ini adalah “Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM Yang Profesional Dan Berwawasan Kebangsaan”.

Menurutnya, tema tersebut menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan SDM yang lebih profesional serta mencermati SDM yang ada sekarang ini yang dirasa masih jauh dari harapan.

Selain itu, lanjutnya, Wawasan Kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara.

“Terlebih sekarang akan menghadapi Tahun Politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” katanya.

Di akhir sambutan, dirinya secara khusus berterima kasih sekaligus berpesan kepada para Ketua, Wakil Ketua, dan anggota Majelis Pembimbing di semua tingkatan, agar dapat terus memberikan bimbingan serta bantuan baik secara moril maupun materil dalam rangka memajukan Gerakan Pramuka.

“Tak lupa saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik dalam Gerakan Pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung pendidikan Gerakan Pramuka yang kita cintai bersama,” pungkasnya.

Di akhir acara Wabup juga menyerahkan Tanda Penghargaan Anugerah Pandu Citra Loka Tingkat Kwarda Jateng Kepada Pembina SMPN 5 Purworejo Retnowatik sebagai juara harapan II lomba video pembelajaran. Selain itu juga dilakukan penyerahan trophy penghargaan kegiatan Estafet Tunas Kelapa tahun 2023 kepada Kwarran Kemiri sebagai penyelenggara terbaik, Kwarran Bruno sebagai partisipasi terbaik dan Kwarran Kutoarjo sebagai bakti terbaik. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test