Nelayan Purworejo Dapat Bantuan Pemerintah Pusat

bantuan nelayan purworejo
BANTUAN : Wakil Bupati Yuli Hastuti memberikan sambutan saat penyerahan bantuan kepada nelayan Purworejo di rumah dinas wakil Bupati, Kamis (31/8/2023)

PURWOREJO-Komisi IV DPR RI melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan aspirasi kepada sejumlah kelompok usaha di Kabupaten Purworejo. Total 320 unit bantuan berupa 250 unit Jaring Gilnet Monofilamen dan 70 unit Coolbox diberikan kepada 5 Kelompok usaha bersama (KUB) dan 14 Kelompok Pengolah Dasar (POKLAHSAR).

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, di serambi Rumah Dinas Wakil Bupati, Kamis (31/8/2023). Bantuan jaring diberikan kepada Marsono, salah satu nelayan dari Desa Kertojayan Kecamatan Grabag. Sedangkan bantuan coolbox diserahkan kepada Choirunnisa, salah satu kelompok usaha dari Desa Borokulon, Kecamatan Banyuurip.

Hadir dalam kegiatan tersebut Tenaga Ahli Komisi IV DPR RI Suseno Hery, Anggota DRPD Kabupaten Purworejo Rani Sumadyaningrum SFarm Apt, serta Kepala Dinas LHP Kabupaten Purworejo Wiyoto Harjono ST.

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan bahwa Kabupaten Purworejo yang memiliki wilayah pantai sepanjang 21 kilometer berpotensi mendapatkan lebih banyak bantuan. Karena Kabupaten Purworejo menjadi satu-satunya daerah yang memiliki pesisir, diantara daerah lainnya yaitu Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang dan Kota Magelang.

Oleh karena itu, Wabup mendorong agar masyarakat dapat terus menyampaikan segala bentuk aspirasi melalui perwakilan daerah. “Kemarin di Kertojayan, sudah ada warga yang meminta bantuan mesin kapal. Saya tanya, mesinnya yang sekarang kenapa? Kecil bu. Kalau besar jadi bagaimana? Bisa lebih jauh ke laut bu. Dan alhamdulillah, itu bisa direalisasikan. Melalui bantuan mesin kapal tersebut, diharapkan nantinya nelayan dapat melaut lebih jauh dan bisa mendapatkan ikan yang lebih banyak,” ungkapnya.

Wabup juga mengaku, dalam kehidupan sehari-hari dirinya dan keluarga merupakan konsumen hasil perikanan, baik jenis ikan laut maupun ikan tawar. Ia berharap, para nelayan dapat mendapatkan manfaat dari bantuan aspirasi tersebut untuk meningkatkan produksi.

“Untuk bantuan berupa jaring, semoga bisa membantu para nelayan dalam menangkap ikan yang lebih banyak. Kalau Coolbox, semoga bisa membantu pedagang menyimpan ikan agar lebih awet,” jelas Wabup.

Sementara Suseno Hery menyampaikan, bantuan jaring dan coolbox bersumber dari aspirasi Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo. Aspirasi direalisasikan dalam bentuk peralatan yang dibutuhkan masyarakat dan dapat langsung digunakan.

Selaku penyelenggara kegiatan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Purworejo menyampaikan terima kasih atas bantuan dari DPR RI yang telah merealisasikan aspirasi masyarakat, khususnya di bidang usaha pengolahan dan perdagangan perikanan. Bantuan ini diharapkan dapat membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pedagang ikan dan nelayan yang ada di Kabupaten Purworejo. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test