Tradisi Saparan Somongari, 43 Jolen Siap Diarak

jolenan somongari
JOLEN : Warga tengah menyiapkan jolen untuk menempakan berbagai persembahan dari masyarakat sebagai bentuk syukur atas rejeki dari Tuhan Yang Maha Esa dalam tradisi rutin Jolenan atau Saparan di Desa Somongari Kecamatan Kaligesing, Purworejo.

KALIGESING-Tradisi rutin dua tahunan yang diadakan masyarakat Desa Somongari Kecamatan Kaligesing, Purworejo yakni Jolenan atau Saparan akan kembali digelar. Perhelatan tahun ini boleh dibilang istimewa karena terakhir kali dilakukan pada tahun 2019.

Di tahun 2021, pesta rakyat sebagai wujud syukur masyarakat atas nikmat rejeki dari Sang Pencipta itu terpaksa ditiadakan. Hal ini karena Indonesia, bahkan dunia tengah dihantam badai Covid-19.

Menilik dari laman instagram @festival_jolen , disebutkan jika kegiatan ini akan digelar selama 2 hari yakni tanggal 4-5 September 2023. Puncak kegiatan akan jatuh di hari kedua bertepatan dengan Selasa Wage.

Selain puncak acara yakni mengarak jolen atau kirab budaya di sepanjang jalan raya yang ada di desa tersebut, panitia telah menyiapkan beberapa acara pendukung diantaranya malam tirakatan, upacara pembukaan festival jolen, kenduri budaya, festival tayub serta adanya bazzar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tidak ketinggalan ada performance Dewi Sri Somongari serta pentas kesenian.

Jauh hari, warga Somongari telah menyiapkan event akbar tersebut. Disebutkan jika di tahun ini ada 43 jolen yang akan dipanggul warga dan diarak. Jumlah tersebut disesuaikan dengan jumlah rukun tetangga (RT) yang ada. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test