SMPN 31 Gelar Persami Alih Golongan

persami smpn 31 purworejo
GAME : Anggota Pramuka SMPN 31 Purworejo tengah mengikuti widegame dalam kegiatan Persami yang diadakan di Buper Argo Putro Heroes Park.

PURWOREJO-Siswa kelas VII SMPN 31 Purworejo mengikuti perkemahan sabtu minggu (Persami) yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Argo Putri Heroes Park, Sabtu-Minggu (2-3/9/2023). Diikuti 192 siswa calong penggalang serta melibatkan calon asisten, asisten dan pembina.

Dalam perkemahan ini, sebanyak 26 tenda didirikan, terdiri dari 12 tenda putra, 12 tenda putri dan 2 asisten. Koordinator dari kegiatan Persami dan alih golongan ini, Sugeng Wibowo, S.Pd.

Persami itu dimaksudkan untuk alih golongan kepramukaan dari siaga menjadi penggalan. Secara simbolis, Kepala SMPN 31 Purworejo Yosiyanti Wahyuningtyas, selaku Kamabigus membuka kegiatan dan melakukan pelantikan Penggalang kepada perwakilan peserta.

“Kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang selama ini sudah diberikan pada setiap latihan. Para siswa berlatih mulai dari mendirikan tenda, memasak dan ketrampilan lainnya,” ungkap Yosiyanti, Selasa (5/9/2023)

Disampaikan, bahwa kegiatan Persami ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk penerapan pengetahuan dan ketrampilan kepramukaan, yang sebelumnya sudah didapat melalui pelatihan pramuka. Juga sebagai salah satu upaya penanaman pendidikan karakter.

Yosiyanti berharap, dengan telah dilantiknya menjadi Penggalang, maka para siswa menjadi lebih dewasa, lebih mandiri, bertanggung jawab dan dapat menentukan hal baik apa yg harus dilakukan.

Lebih jauh disampaikan, nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Darma Pramuka hendaknya dapat diterapkan oleh semua Penggalang Gudep SMPN 31 Purworejo dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di masyarakat.

“Rangkaian kegiatan Persami dimulai dari acara jalan kaki menuju perkemahan, mendirikan tenda, permainan besar, upacara pelantikan, widegame dan upacara penutupan,” jelas Yosiyanti. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test