Monitoring Pilkades, Wabup Ikut Gunakan Hak Suaranya

pilkades

PURWOREJO-Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti beserta jajaran Forkopimda dan Perangkat Daerah terkait, melakukan monitoring pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2023, yang dilaksanakan Rabu (6/9/2023). Pilkades serentak dilaksanakan di 88 desa yang tersebar di 15 kecamatan.

Secara berurutan rombongan mengunjungi 4 desa di 4 kecamatan yaitu Desa Cengkawakrejo (Banyuurip), Desa Jogoresan (Purwodadi), Desa Sangubanyu (Grabag) dan Desa Tepuswetan (Kutoarjo).

Di Desa Cengkawakrejo, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti dan rombongan disambut dengan antusias warga yang tengah antri mencoblos.

Kurang lebih 30 menit meninjau secara langsung dan berbincang dengan panitia Pilkades, kemudian Wakil Bupati dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Desa Jogoresan (Purwodadi) dan Desa Sangubanyu (Grabag).

Uniknya, selain melakukan monitoring, Wabup juga melaksanakan hak suaranya di Desa Grabag, karena masih tercatat sebagai warga Desa Grabag. Sebelum meninggalkan lokasi, Wabup menyempatkan untuk menyalami lima cakades yang berada di panggung, kemudian dilakukan foto bersama. Perjalanan dilanjutkan untuk mengunjungi desa terakhir, yaitu Desa Tepuswetan (Kutoarjo).

Kepala DP3APMD Laksana Sakti yang ditemui setelah acara monitoring menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung proses pemungutan suara yang dilaksanakan oleh panitia pilkades tingkat desa, guna memastikan mekanisme Pilkades sesuai peraturan perundang-undangan.

“Tujuan melaksanakan monitoring adalah untuk memantau pelaksanaan pilkades serentak tahun 2023 dan memastikan pemungutan suara hari ini berjalan sesuai regulasi. Harapannya pelaksanaan Pilkades serentak sukses dan aman terkendali di 88 desa,” kata Laksana. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test