Durian Sikatap Jadi Durian Favorit Agus Bastian

bsd bener
SAMBUT : BUpati Agus Bastian memberikan sambutan dalam kegiatan BSD yang difokuskan di Kecamatan Bener, Selasa (12/9/2023).

BENER-Kegiatan Bupati Saba Desa dialhirkan ke Kecamatan Bener, dari yang seharusnya dipusatkan di Kecamatan Kemiri. Hal ini dilakukan karena adanya pemilihan kepala desa antar waktu di kecamatan Kemiri.

Seperti biasanya, agenda Bupati Purworejo Agus Bastian beserta rombongan dalam kegiatan BSD mendatangi 5 Desa. Yakni Desa Benowo, Desa Kalitapas, Desa Cacaban Kidul, Desa Cacaban Lor, dan Desa Pekacangan.

Turut mendampingi Anggota DPRD Purworejo, Muhammad Abdullah, para Staf Ahli Bupati, Asisten III drg Nancy Megawati Hadisusilo, Kepala DP3APMD Laksana Sakti, Kepala Dinkes dr Sudarmi , Kepala Dinkominfostasandi Yudhie Agung Prihatno, Kepala Dinpusip Eny Sudiarti, Kabag Prokopim Ulik Sri Widiatmi dan Forkopimcam Bener.

Di Desa Benowo, rombongan BSD harus melewati jalan sempit, tanjakan terjal dan curam. Beberapa anggota rombongan bahkan harus berjalan kaki, karena kendaraan tidak kuat menanjak. Sampai di Desa Benowo, Bupati dan rombongan disuguhi Kopi Benowo.

Saat di Desa Kalitapas, Bupati menaruh perhatian pada pengembangan durian lokal yaitu durian Sikatap. Menurutnya, durian Sikatap adalah durian paling enak yang pernah dirasakan.

“Durian paling enak menurut saya durian Sikatap, durian jenis lainnya lewat. Karena itu, durian Sikatap perlu dipromosikan dan dikembangkan,” ujarnya.

Asnadi pemilik pohon durian Sikatap, saat ditemui secara terpisah memberikan keterangan bahwa hanya ada satu pohon durian Sikatap yang berdiameter kurang lebih 2 m.

“Rasa dari durian Sikatap manis pahit, daging buahnya tebal dan bijinya kecil. Beberapa kali dikembangkan lewat pembibitan, tapi belum sesuai dengan durian Sikatap aslinya,” katanya.

Sedangkan di Desa Pekacangan, Bupati beserta rombongan disambut ratusan warga masyarakat desa. Ada tiga penampilan di antaranya welcome dance tari dolalak, marching band, kuda kepang dan gedrug.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test