DKP Gelar Festival Dalang Anak dan Remaja

wayang anak

KUTOARJO-Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti menghadiri Festival Dalang Anak dan Remaja, Minggu, (17/09/2023) di pendopo Kutoarjo. Festival dalang yang diikuti 8 dalang anak dan remaja itu, juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wasit Diono serta Forkopimcam Kutoarjo.

Dalam kesempatan itu, Yuli Hastuti menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Dewan Kesenian Purworejo, yang telah berinisiatif mengadakan Festival Dalang Anak dan Remaja.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat positif, sebagai salah satu upaya melestarikan seni budaya daerah,” kata Yuli Hastuti.

Wabup menambahkan, wayang kulit merupakan salah satu kesenian yang lekat dengan masyarakat Purworejo dan digemari mulai dari masyarakat perkotaan hingga perdesaan. Keanekaragaman seni budaya yang kita miliki menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita, tumbuh dan berkembang serta berfungsi pula memperkokoh tali persatuan dan kesatuan di antara kita semua. “Pemerintah Daerah juga terus berupaya memelihara, melestarikan dan mengembangkan wayang kulit, antara lain dengan menampilkannya dalam berbagai event,” tandasnya.

Wabup berpesan kepada anak-anak dan remaja peserta festival dalang, bahwa mereka semua merupakan contoh nyata dari semangat generasi muda dalam ikut melestarikan seni budaya bangsa. “Teruslah berlatih, berinovasi, dan berkreasi, karena kalian adalah masa depan dari seni tradisional kita, dan kita semua berharap dapat melihat prestasi luar biasa yang akan kalian tunjukkan, ” pesannya.

Kepada para orang tua, guru dan berbagai pihak terkait, Wabup juga berterima kasih atas dukungan dalam membimbing dan menginspirasi anak-anak dan remaja kita. Peran orang tua sangat penting dalam memastikan kelanjutan tradisi budaya kita.

“Mudah-mudahan dengan upaya yang sungguh-sungguh, kesenian wayang kulit akan terus eksis di tengah perkembangan zaman,” harapnya.(nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test