Terminal Type C Purwodadi Mulai Dioperasionalkan

PURWODADI-Dalam kondisi hujan, Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri Selamatan Beroperasinya Terminal Penumpang Type C, di kios Terminal Purwodadi Jum’at (2/2/2024). Pengoperasian ditandai dengan memotong tumpeng oleh Bupati Purworejo yang diserahkan langsung kepada Kepala Dishub Kabupaten Purworejo Drs Hery Raharjo MSi. Turut mendampingi Kabag Prokopim Ulik Sri Widiatmi SSos MAP, Forkopimcam Purwodadi dan Kepala Desa Purwodadi Sarwanto.

Bupati mengatakan bahwa dalam waktu yang hampir bersamaan di tahun 2023, di Kabupaten Purworejo telah dibangun 3 (tiga) terminal sesuai fungsi dan kewenangannya. Yaitu Terminal Penumpang Tipe A Purworejo (depan Polres Purworejo) oleh Kementerian Perhubungan RI, Terminal Penumpang Tipe B (Utara Stasiun Kutoarjo) oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Terminal Penumpang Tipe C Purwodadi ini oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo.

“Pembangunan Terminal Penumpang Tipe C Purwodadi dilatarbelakangi perkembangan wilayah selatan Kabupaten Purworejo, yang tentunya harus diikuti dengan peningkatan sektor transportasi angkutan umum khususnya di wilayah Purwodadi dan Ngombol,” ujarnya.

Baca Juga Sebanyak 15.786 Keluarga Di Empat Kecamatan Terima Bantuan CBP

Dikatakan, Pemkab Purworejo melalui Dinas Perhubungan pada tahun anggaran 2023 telah dapat menyelesaikan pembangunan Terminal Type C Purwodadi di atas tanah seluas 977 meter persegi, yang dibiayai APBD Kabupaten Purworejo sebesar Rp. 2.573.197.000.
“Alhamdulillah Terminal Purwodadi pada hari ini Jumat 2 Februari 2024 akan mulai dioperasionalkan. Untuk peresmiannya diadakan secara simbolis dengan proyek-proyek tahun 2023 pada saat rangkaian Hari Jadi Kabupaten Purworejo,” katanya.

Kepala Dishub Kabupaten Purworejo Drs Hery Raharjo MSi melaporkan terminal Type C dapat diselesaikan pada 150 hari kerja dan diserah terimakan pada 1 Desember 2023. Ia berharap terminal dapat dimanfaatkan secara maksimal, khususnya Angkutan Umum Pedesaan (Angkudes).

Selain itu terminal difasilitasi dengan pos jaga, CCTV, kios, taman terbuka hijau, monumen manggis dan sarana pendukung lainnya. “Semoga dengan adanya terminal ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya bagi masyarakat pengguna jasa pelayanan terminal,” jelasnya.(nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test