Forum UMKM Kecamatan Dapatkan Bantuan Barang dan Dana Bergulir

UMKM : Pelaku Forum UMKM tingkat kecamatan berkesempatan foto bersama Bupati Purworejo Yuli Hastuti.

PURWOREJO-Enam belas Forum usaha mikro kecil menengah (UMKM) kecamatan mendapatkan bantuan tenda kerucut dari Pemerintah Kabupaten Purworejo. Mereka juga mendapatkan tambahan modal usaha berupa dana bergulir.

Penyerahan dilakukan Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH di sela kegiatan Pemberdayaan Kelembagaan Potensi Usaha Mikro Melalui Pembinaan Tenant yang digelar di Gedung PLUT KUKM Purworejo, Rabu (7/2/2024). Mengangkat tema Optimalisasi Peningkatan Pemasaran, Bupati didampingi PLH Sekda Drs Achmad Kurniawan Kadir MPA, Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM Rita Purnama SSTP MM, Kepala Dinkukmp Gatot Suprapto SH, Kepala Dinsosdaldukkb Ahmad Jaenudin SIP MM, Kepala DP3APMD Laksana Sakti AP MSi, pimpinan Bank Jateng KC Purworejo Isnanto Subroto dan pejabat terkait.

Bupati mengatakan keberadaan forum UMKM sebagai mitra pemerintah, selama ini telah berkiprah dan berkontribusi dalam pengembangan UMKM kewilayahan. Rasio jumlah UMKM yang cukup pesat di angka lebih dari 54 ribu unit, menurutnya perlu strategi pembinaan berorientasi naik kelas dengan melibatkan partisipasi masyarakat termasuk perguruan tinggi dan dunia usaha.

“Tujuan utama untuk memberdayakan potensi usaha mikro, optimalisasi peran dan fungsi produk. Membangun sinergi pemberdayaan dan pengembangan UMKM, meningkatkan kualitas keanggotaan UMKM di Kecamatan dan peningkatan pemasaran,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati menambahkan, pemberdayaan dan pengembangan UMKM menjadi prioritas Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan yang bersinergi dengan para pemangku kepentingan. Konsen utama untuk meningkatkan kapasitas SDM sebagai pelaku usaha kreatif dan inovatif yang memiliki jiwa kewirausahaan.

“Kami berusaha meningkatkan kualitas produk yang memiliki daya saing secara kompetitif dan komparatif. Sehingga dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah, dengan menciptakan lapangan kerja,” katanya.

Kepala DKUKMP Gathot Suprapto menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan meliputi 3 point yakni Literasi Keuangan, UMKM Go ekspor dan Sosialisasi Metrologi Legal dan BDKT. “Dan peket tenda kerucut yang diberikan ini dilengkapi 2 unit meja, dan 1 kursi dan permodalan sebesar Rp 3 juta untuk 16 Forum UMKM dari 16 Kecamatan,” imbuh Gathot. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test