Disiapkan Ikuti Purworejo Expo, Din KUKMP Adakah Kurasi Produk UMKM

kurasi produk umkm purworejo
KURASI : Peserta kurasi tengah melakukan wawancara dengan tim kurator Din KUKMP Purworejo di UPT PLUT Purworejo, Kamis (15/2/2024).

BANYUURIP-Sebanyak 154 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Purworejo mengikuti kurasi produk UMKM yang diadakan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdangan Purworejo, Kamis (15/2/2024). Kegiatan ini diadakan di UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).

Kepala Bidang Sarana Prasarana Pengembangan Perdagangan (SP3) Dinas KUKMP Purworejo Ari Wibowo ST mengatakan kegiatan ini dipimpin oleh koordinator kurasi Agung Suhandiyo AMd serta anggota tim kurator dari dinas setempat. Menurutnya kegiatan itu ditujukan untuk pemilihan produk yang akan mengikuti kegiatan Purworejo Expo yang diadakan pada awal Maret 2024 nanti.

“Peserta yang mengikuti kurasi ini sebelumnya telah mendaftar melalui aplikasi yang disediakan oleh panitia,” kata Ari Wibowo.

Disinggung mengenai produk yang diajukan oleh peserta, Ari Wibowo menyebut jika produk kuliner atau makanan olahan yang paling banyak.

“Dari total 154 peserta, produk kuliner ada 107 item. Sedang sisanya atau 47 lainnya berupa produk craft atau kerajinan,” tambahnya.

Lebih jauh dikatakan jika produk yang nantinya dinyatakan lolos diantaranya adalah produk yang memiliki legalitas usaha dan legalitas produk lengkap (NIB, P-IRT, Halal, BPOM, HAKI). “Selain itu juga harus memenuhi kaidah kemasan dan kemetrologian untuk barang dalam kemasan tertutup (BDKT),” jelas Ari. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test