Pemkab Siapkan Pesta di Hari Jadi

hari jadi purworejo

PURWOREJO-Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Purworejo ke-193 tahun 2024 akan segera dimulai. Sebanyak 16 kegiatan disiapkan untuk memeriahkan peringatan hari ulang tahun Purworejo ini. Salah satu kegiatannya adalah akan ada konser Purworejo Spektakuler yang menghadirkan grup musik Guyon Waton.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kominfostasandi Kabupaten Purworejo, Yudhie Agung Prihatno dalam konferensi pers di Pers Center, komplek Setda Purworejo, Kamis (15/2/2024).

Dalam Konferensi pers, Yudhie didampingi Kabag Kesra Setda Purworejo, Andang Nugerahantara Sutrisno, dan Kepala Dinporapar Kabupaten Purworejo, sekaligus Ketua Panitia Hari Jadi, Stephanus Aan Isa Nugroho.

Yudhie mengatakan, rangkaian Hari Jadi memang sengaja diumumkan saat ini lantaran menunggu momen Pemilu selesai. “Bukan karena keterlambatan tetapi pertimbangan setelah Pemilu, total ada 16 kegiatan, lebih banyak dari tahun sebelumnya,” kata Yudhie pada konferensi pers.

Yudhie berharap semua kegiatan bisa terlaksana dengan baik. Rangkaian Hari Jadi ini nantinya juga akan dilaksanakan sampai dengan bulan puasa.

Andang mengatakan, pihaknya telah membahas rangkaian Hari Jadi ini dengan Bupati. Untuk kegiatan hingga konsep sudah final sehingga sudah bisa disampaikan ke media.

“Ada kurang lebih 16 kegiatan, yang akan diselenggarakan dalam rangkaian hari jadi, mulai 22 Februari 2024, dan terakhir sampai bulan ramadhan. Kegiatan tetap ada dan tidak kalah meriah dengan tahun-tahun sebelumnya, karena rangkaian ini sudah ditunggu-tunggu warga Purworejo,” katanya.

Pada kesempatan itu, Aan selaku panitia menyampaikan teknis kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan. Hari Jadi kali ini mengambil tema “Dadio Ngabekti Tanpo Sikoro”.

“Berkaitan dengan tema, adalah Dadio (jadi) Ngabekti (berbakti) Tanpo (tanpa), Sikoro (hianat/pengacau). Ini merupakan harapan agar 2024 masyarakat Purworejo dapat berbakti dalam membangun negara dan daerah, tanpa ada pengacau yang membuat situasi tidak kondusif. Tema besar ini berisi harapan kita semua agar kebaikan menaungi Purworejo, tanpa ada gesekan dan gontok-gontokan, terlebih tahun ini tahun politik,” jelasnya.

Untuk logo hari jadi, lanjutnya, bentuknya seperti jempol, yang mengadung makna bagi orang Jawa yakni menunjukkan pujian atau penghormatan atas suatu hal.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa 16 kegiatan tersebut diantaranya adalah Kenduri Agung pada 22 Februari 2024. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Ziarah Bupati Purworejo terdahulu pada 23 Februari 2034 dan malam harinya diadakan Gending Setu Legi di pendapa Rumah Dinas Bupati Purworejo.

“Pada 24 Februari ada wayangan di pendapa Kutoarjo, lalu 25 Februari Bhakti Sosial, 26 Februari peresmian proyek dan Jumenengan, 27 Februari Sidang Paripurna Hari Jadi dan Pasar Tani, lalu 28 Februari Peringatan HPN (Hari Pers Nasional), 1 Maret Purworejo Bersholawat, 1-5 Maret Purworejo Expo, 3 Maret senam bersama, 6 Maret Festival WR Soepratman,” terangnya.

Lalu, kata Aan, puncaknya pada 8 Maret 2024 akan ada konser yang menghadirkan grup musik yang sedang naik daun yakni Guyon Waton.

“Kegiatan kelimabelas, 8 Maret konser musik Purworejo Spektakuler, artisnya sementara ini Guyon Waton, dan Om Wawes, di Alun-alun Purworejo. Kegiatan keenambelas 14 Maret – 5 April ada Romantic Ramadhan setiap sore di Amphiteater, Alun-alun Purworejo. Semoga kedepan Purworejo semakin maju dan berdaya saing,” tandasnya. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test