Makam Bulus Didatangi Ratusan Ribu Peziarah

ziarah
TABUR : Bupati Yuli Hastuti menaburkan bunga di makam Bupati Purworejo terdahulu.

PURWOREJO-Rangkaian kedua peringatan Hari Jadi ke-193 Purworejo dilakukan ziarah ke makam bupati Purworejo. Diantaranya RAA Tjokronegoro I, Raa Tjokronegoro II, RAA Tjokronegoro III dan RAA Tjokronegoro IV. Kegiatan dipimpin langsung BUpati Yuli Hastuti SH diikuti segenap jajaran pejabat Pemkab Purworejo.

Ziarah pertama dilakukan di makam Bulus yang bersemayam RAA Tjokronegoro I, RAA Tjokronegoro III dan RAA Tjokronegoro IV. Dilanjutkan RAA Tjokronegoro II, di Kayu lawang.

Menurut Bupati, secara keseluruhan ziarah ini untuk menyambut Hari Jadi Kabupaten Purworejo dan mendoakan sekaligus mengenang jasa-jasa serta perjuangan para pendahulu yang telah berjasa untuk Kabupaten Purworejo. Ia menilai perkembangan pembangunan Kabupaten Purworejo seperti saat ini tidak lepas dari perjuangan para pendahulu.

Baca Juga Pemkab Siapkan Pesta di Hari Jadi

“Ziarah ini merupakan rangkaian acara Hari Jadi Ke 193 Kabupaten Purworejo, kemarin sudah diawali dengan kenduri agung dan akan dilanjutkan dengan acara selanjutnya yang sudah dirangkai oleh panitia,” ujarnya

Ditemui secara terpisah, Kepala Dinsosdaldukkb Ahmat Jainudin SIP MM mengatakan ziarah ke makam-makam pendiri Kabupaten Purworejo untuk mendoakan leluhur dan meneladani perjuangan pendahulu.

“Kita melakukan kegiatan ziarah ke makam leluhur yang diikuti oleh semua kepala perangkat daerah. Tujuannya untuk mendoakan serta sebagai bentuk penghargaan atas perjuangannya,” katanya .

Sekretaris Desa Bulus Muhammad Faruq mengatakan kegiatan ziarah telah dipersiapkan dengan dinas terkait dan semua pelaksanaan berjalan dengan lancar. Makam Tjokronegoro I ini menjadi salah satu objek wisata religi di Kabupaten Purworejo.

“Untuk bulan ini, bulan Ruwah dalam penanggalan jawa dan menjelang bulan ramadhan peziarah mencapai ratusan ribu orang dari seluruh Indonesia. Fenomena itu karena ada makam Mu’aziz Pondok Pesantren An-Nawawi dan makam-makam kyai lainya,” terangnya. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test