Pj Gubernur Minta Hidupkan Lumbung Padi

panen perdana padi
PANEN : Pejabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana melakukan panen padi bersama di Desa Tunjungan, Kecamatan Ngombol.

PURWOREJO-Pj Gubernur Jawa Tengah Drs Nana Sudjana MM bersama Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH didampingi Forkopimda Kabupaten Purworejo, melaksanakan kegiatan panen raya padi di Desa Tunjungan, Kecamatan Ngombol, Senin (26/2/2024)

Pj Gubernur mengatakan, dimulainya musim panen padi di Jawa Tengah, diharapkan dapat menambah stok beras. Dengan begitu harga beras yang saat ini melambung dapat turun dan berangsur-angsur stabil.

Dikatakan, harga beras medium di pasaran saat ini berkisar antara Rp 16 ribu sampai Rp 17 ribu per kilogram sedangkan harga beras premium sekitar Rp 19 ribu per kilogram.

“Ketika rakyat susah, pemerintah berusaha melayani masyarakat dengan maksimal, misalnya percepatan penanaman padi dengan benih yang baik dan memperhatikan pola tanam yang didampingi petugas pertanian,” kata Gubernur.

Ditambahkan jika tahun 2024 ini capaian kinerja produksi padi Jateng ditargetkan 11,16 juta ton gabah kering giling (GKG). Target ini lebih tinggi dari realisasi tahun lalu, yang hanya sekitar 9,5 juta ton GKG.

“Jawa Tengah ini lumbung padi. Kita harapkan untuk tahun 2024 ini dengan kondisi beras yang ada, dengan hasil panen yang ada, akan aman. Saya yakin dengan mulainya panen akan menurunkan harga beras dan akan mampu menstabilkan kembali inflasi di Jawa Tengah dan Indonesia, karena provinsi lain pun akan melaksanakan panen raya,” jelasnya.

Nana menekankan dan menghimbau kepada seluruh pemerintah desa dan kabupaten untuk menghidupkan lagi lumbung padi atau beras. Ia menilai hal itu sangat efektif untuk menjaga stok beras dan kebutuhan masyarakat pada waktu mendesak.

“Desa harus punya stok beras yang cukup di lumbung. Juga di tingkat kabupaten, kita akan menata kembali untuk bisa menahan beras yang ada di sini. Tentunya dengan pembelian (dari pemerintah). Di provinsi juga menyiapkan anggaran untuk bisa menyetok beras di tahun 2024,” ungkapnya. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test