Rapat Paripurna Hari Jadi Purworejo, DPRD Sampaikan 4 Catatan

rapat paripurna hari jadi kabupaten purworejo
PARIPURNA : DPRD Kabupaten Purworejo menggelar Rapat Paripurna dalam Rangka Peringatan Hari Jadi ke-193 Kabupaten Purworejo di gedung DPRD setempat, Selasa (27/2/2024).

PURWOREJO-DPRD Kabupaten Purworejo menggelar Rapat Paripurna dalam Rangka Peringatan Hari Jadi ke-193 Kabupaten Purworejo di gedung DPRD setempat, Selasa (27/2/2024). Dalam kesempatan itu, DPRD Purworejo memberikan 4 catatan penting kepada pemerintah daerah.

Empat catatan yang dibacakan Ketua DPRD Purworejo, Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi, tersebut meliputi bidang pemerintahan, pembangunan, perekonomian, serta pariwisata.

Pada bidang pemerintahan, sampai saat ini masih banyak Perda yang dibuat, tetapi belum ditindaklanjuti dengan Perbub sebagai teknis pelaksanaannya.

“Kami berharap agar pemerintah, khususnya OPD terkait untuk segera menindaklanjutinya,” kata Dion Agasi.

Catatan kedua pada bidang pembangunan yakni terkait pembangunan mini zoo dan hotel bintang 3 yang saat ini belum sempurna. DPRD berharap OPD terkait dapat mencari sumber dana selain APBD kareena kondisi PAD dan DAU Purworejo saat ini sangat terbatas.

Baca Juga DPRD Purworejo Inisiasi Raperda Perizinan Usaha

“Diharapkan bisa memdatangkan investor, baik dalam maupun luar negeri,” ungkapnya.

Berikutnya untuk bidang perekonomian, DPRD menyoroti soal pencabutan izin Perumda BPR Bank Purworejo. Menurutnya, dicabutnya izin Bank Purworejo menjadi pembelajaran bagi BUMD lainnya agar lebih berhati-hati dalam mengelolannya.

“Di bidang pariwisata diharapkan OPD terkait agar lebih bekerja keras dalam meningkatkan kinerja dan target pariwisata serta meningkatkan sarana prasarana pariwisata, promosi sehingga bisa mendatangkan wisatawan, baik dalam maupun luar negeri,” tandasnya.

Lebih lanjut disamlaikan Dion bahwa pada hari jadi Purworejo tahun ini, kita dituntut untuk memelihara persatuan dan kebersamaan yang dilandasi oleh budaya dan nilai-nilai kearifan lokal sebagai warisan para leluhur.

“Nilai gotong-royong harus menjadi spirit dan motivasi bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan demi mewujudkan Purworejo mulyo dan berdaya saing, bersatu padu dalam rangka membangun daerah,” tegasnya.

Rapat paripurna dihadiri Bupati Purworejo, Yuli Hastuti SH, segenap anggota DPRD Purworejo, jajaran Forkopimda, para kepala OPD terkait, direktur Perumda, dan tokoh masyarakat.

Bupati Purworejo dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema Hari Jadi ke-193 Kabupaten Purworejo adalah Dadya Ngabekti Tanpa Sikara. Secara keseluruhan kalimat tersebut berisi harapan agar pada tahun 2024 ini masyarakat Purworejo dapat menjadi orang yang berbakti dalam membangun negara dan daerah, tanpa perlu berkhianat, mengacau, atau membuat perpecahan.

“Tema tersebut, disesuaikan dengan kondisi tahun 2024 yang merupakan tahun politik dengan adanya penyelenggaraan Pilpres dan Pileg di bulan Februari 2024 dan rencana Pilkada serentak di bulan November 2024,” katanya.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan terima kasih kepada jajaran DPRD Kabupaten Purworejo yang selalu mendukung sekaligus mengingatkan pemerintah daerah atas komitmen dan tekad bersama untuk membangun daerah tercinta ini. Menurutnya, keberhasilan pembangunan adalah keberhasilan kita bersama seluruh masyarakat Kabupaten Purworejo.

“Mari kita harus gelorakan semangat untuk bekerja keras membangun daerah tercinta ini, karena hanya dengan bekerja keras kita dapat mewujudkan Visi Purworejo Berdaya Saing 2025 atau Panca Daya Saing,” tandasnya. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test