Berhati-Hati Ambil Langkah, Namun Kreativitas dan Inovasi Tetap Jalan

hasil pilkades 2023
BEKAL : Kepala Desa terpilih hasil Pilkades serentak 2023 mengikuti pembekalan di Aula Gedung STIKES Pemkab Purworejo, Rabu (28/2/2024).

PURWOREJO-Kepala desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak 2023 mengikuti pembekalan yang diadakan di Aula Gedung STIKES Pemkab Purworejo, Rabu (28/2/2024). Kegiatan itu dibuka langsung oleh Bupati Yuli Hastuti SH dan dihadiri unsur Forkopimda, Asisten Pemerintahan dan Kesra, OPD terkait, 16 camat serta 95 kades terpilih.

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para Kades terpilih dalam memimpin dan menjalankan tugas selama satu periode ke depan.

Bupati dalam sambutannya meminta kepada para Kades agar segera melakukan percepatan dalam penyerapan dana-dana transfer desa, sehingga dana tersebut dapat cair dan dimanfaatkan tepat waktu dan tepat sasaran.

“Dana transfer desa harus dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat guna mewujudkan peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, serta untuk penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan publik,” kata Yuli Hastuti.

Ditambahkan, kepala desa sebagai kepala pemerintahan desa dan pemimpin masyarakat bertugas menyelenggarakan pemerintahan desa melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan sarana untuk memberikan pemahaman kepada kepala desa baru terkait tugas pokok dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa,” tambahnya.

Pada kesempatan itu Bupati mengingatkan, agar hati-hati dalam mengambil langkah, namun hal ini hendaknya jangan sampai menghambat kreativitas dan inovasi kepala desa dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Kepala desa harus memahami aturan yang mendasarinya, agar tidak ada kepala desa yang berurusan dengan aparat penegak hukum karena kesalahan/kelalaian dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi,” imbuh Yuli.

Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa DP3APMD, Iqbal Nugroho SSTP MIP menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para kades terkait tugas pokok dan fungsi dalam menjalankan pemerintahan. “Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, dari hari Rabu sampai Jumat dengan peserta Kepala Desa Terpilih sejumlah 95 orang,” kata Iqbal. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test