Maksimalkan Hasil Panen, Kebongunung Mitigasi Irigasi

kebongunung loano
PATOK : Perangkat Desa Kebongunung memasang patok batas talud didampingi petugas dari DPU PR Purworejo.

LOANO-Produktivitas padi di areal persawahan membutuhkan banyak dukungan, salah satunya irigasi. Keberadaannya amat vital karena tanpa ketersediaan air yang mencukupi, pertumbuhannya tidak maksimal.

Adanya air melimpah tanpa dukungan dari irigasi yang baik juga menjadi masalah lagi. Untuk itu keberadaan irigasi amat dibutuhkan untuk mengalirkan air ke lahan yang digarap.

Dengan begitu, mitigasi juga perlu dilakukan terhadap patok batas talud dan saluran irigasi dengan area persawahan. Harapannya panen padi tersebut bisa lebih maksimal. Salah satu mitigasi dilakukan di wilayah Desa Kebongunung, Kecamatan Loano.

Mitigasi telah dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Kepala Desa Kebongunung Fatah Kusumo Handogo, serta pihak terkait lainnya.

Sekertaris Desa Kebongunung, Avif Sulaiman mengatakan bahwa mitigasi perlu dilakukan karena ada aturan tertentu jarak antara sawah dengan saluran irigasi dan talud.

“Mitigasi pematokan batas talud dan saluran irigasi dengan pematang sawah, karena aturanya minimal 1,5 meter batasnya dengan saluran irigasi, UPT wilayah Loano, beserta dinas SDA DPU, bapak Ngaderi dan Sriyana serta staff dengan pihak desa dihadiri Kades Kebon Gunung Fatah Kusumo Handogo dan staf Malik Umar Chasan serta para Kadus setempat Roni dan Herman,” katanya saat ditemui dilokasi, Jumat (1/3/2024).

Sekdes Avif juga berharap batas patok ini bisa tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat, khususnya pemilik atau penggarap sawah.

“Patok batas ini disosialisasikan ke warga khususnya para petani didesa kami,” ungkapnya.

Lebih jauh Avif mengungkapkan dengan mitigasi dan sosialisasi batas patok yang baik, diharapkan hasil panen di Kebongunung juga ikut membaik dan melimpah.

“Ya, agar memaksimalkan aliran irigasi persawahan agar bisa maksimal dan mencapai hasil panen yang lebih baik dan bagus lagi,” tandasnya.(ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test