Program Desa Layak Anak Mulai Disosialisasikan

desa layak anak
LAYAK : Sekretaris Kelurahan dan Sekretaris Desa dari 6 kecamatan mengikuti sosialisasi Desa Layak Anak di Pendopo Kecamatan Purworejo.

PURWOREJO-Desa/Kelurahan Layak Anak merupakan pembangunan desa/kelurahan yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, keluarga dan dunia usaha di wilayah desa/kelurahan. Keberadannya dalam rangka menghormati, menjamin dan memenuhi hak anak yang direncanakan dan dilaksanakan secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH dalam pembukaan Sosialisasi Desa Layak Anak, Senin (4/3/2024) di Pendopo Kecamatan Purworejo. Hadir dalam acara tersebut, Kepala DPPPAPMD Laksana Sakti AP MSi, Kabag Prokopim Setda Ulik Sri Widiatmi Ssos MAP, Camat se-Kabupaten Purworejo, Sekretaris Lurah dan Sekretaris Desa dari Kecamatan Purworejo, Kecamatan Banyuurip, Kecamatan Bayan, Kecamatan Kaligesing, Kecamatan Ngombol, Kecamatan Bruno.

“Desa/Kelurahan Layak Anak diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak secara maksimal dan benar, sehingga kelak anak-anak akan menjadi sumber daya manusia yang berkualitas tingg,i” katanya.

Dikatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah mendesain, mensosialisasikan sebuah sistem dan strategi pemenuhan hak-hak anak yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan mengembangkan kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA). Kebijakan KLA bertujuan untuk mensinergikan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, sehingga pemenuhan hak-hak anak Indonesia dapat lebih dipastikan.

”Saya berharap, melalui sosialisasi ini dapat terjadi peningkatan pemenuhan hak anak secara lebih luas dan intensif, sehingga bisa memberikan kontribusi terbaik bagi upaya peningkatan pemenuhan hak anak di Kabupaten Purworejo,” tandasnya.

Baca juga Paguyuban Pengusaha Purworejo Berikan Bantuan Untuk Anak Yatim

Sementara Kabid PPPA Heny Safaryuni Tataningsih SH MAP selaku pemateri menambahkan, tujuan Desa/Kelurahan Layak Anak yaitu sebagai upaya transformasi konsep hak anak kedalam kebijakan program dan kegiatan Pemerintah Desa/Kelurahan.

Ditambahkan Heny, langkah pengembangan Desa/Kelurahan Layak Anak diantaranya berkomitmen, pembentukan gugus tugas, pengumpulan database KLA, penyusunan rencana aksi kegiatan, mobilisasi sumberdaya, pemantauan dan pelaporan.

“Dengan peran Pemerintah dalam mewujudkan Desa/Kelurahan Layak Anak, harapannya adalah pemenuhan kesejahteraan dan perlindungan anak di setiap Desa/Kelurahan memiliki tumbuh kembang yang optimal, merasa aman dan nyaman di lingkungannya,” harapnya. (ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test