Belum Miliki Kelengkapan, Sekolah Sebaiknya Minta Diantar

police goes to school
HELM : Kapolres AKBP Eko Sunaryo memberikan dan memakaian helm SNI kepada siswa saat digelar police goes to school di SMAN 7 Purworejo.

PURWOREJO-Peserta didik SMAN 7 Purworejo menjadi sasaran Program Police Goes to School yang diadakan Polres Purworejo, Kamis (7/3/2024). Kegiatan ini untuk mengantisipasi kenakalan remaja serta menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas di kalangan remaja dan pelajar.

Kegiatan Police Goes To School kali ini bersamaan dengan digelarnya Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 yang mengendepankan giat preemtif, preventif disertai gakkum dengan humanis dan edukatif. Program tersebut merupakan kegiatan preventif atau pencegahan, Satuan Lalu Lintas Polres Purworejo dalam memberikan edukasi pada siswa-siswi SMA N 7 Purworejo lebih menekankan perihal safety riding.

Kegiatan safety riding adalah kegiatan yang harus dijalankan sebelum memulai proses berkendara, dapat juga diartikan jika safety riding adalah bentuk dari suatu perilaku berkendara yang aman serta nyaman.

“Kegiatan sosialisasi operasi keselamatan lalu lintas candi 2024, bertujuan memberikan edukasi maupun pengarahan kepada para siswa-siswi,” kata Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo SIK MKP didampingi Kasatlantas Untung Ariyono.

Edukasi yang diberikan tentang Safety Riding dimana safety memiliki arti aman dan riding memiliki arti berkendara. Safety riding juga dapat diartikan sebagai tips atau cara berkendara dengan aman dan nyaman.

Kapolres menambahkan bahwa kata aman dan nyaman ini berlaku untuk diri sendiri dan bagi orang lain yang juga merupakan sesama pengendara tau bahkan pejalan kaki. Dengan kata lain jangan merugikan orang lain karena kecerobohan diri sendiri.

“Kegiatan ini bertujuan untuk bisa memberi contoh dan memberikan himbauan kepada siswa dan guru pengajar serta staff yang ada di sekolah, agar mengerti, patuh dan tertib terhadap peraturan berlalu lintas serta penggunaan helm SNI pada saat berangkat ke sekolah atau bepergian demi terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran berlalulintas dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas pada pelajar di wilayah Kabupaten Purworejo,” tambah Kapolres.

Dalam kesempatan itu, Kapolres berpesan agar pelajar selalu tertib dan mematuhi peraturan lalu lintas sebagaimana diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Maka dengan itu bisa meningkatkan kamseltibcarlantas dan menjaga kamtibmas tetap aman maupun kondusif di wilayah hukum Polres Purworejo.

“Bagi siswa-siswi yang naik motor ke sekolah mohon kelengkapan sepeda motor di perhatikan. Lampu, spion, knalpot, surat- surat kendaraan termasuk sim agar dilengkapi. Jangan lupa menggunakan helm. Kemudian sekiranya kondisi badan tidak fit atau kurang sehat, mengantuk jangan memaksakan diri naik motor. Lebih baik minta diantarkan orang tuanya atau naik ojek online,” himbau Kapolres Purworejo. (ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test