Pramuka Miliki Peran Pembinaan Karakter Generasi Muda

kwarcab purworejo
BUKA : BUpati Purworejo Yuli Hastuti dalam acara Pembukaan Narakarya Pramuka di SD N Kaliboto, Desa Kaliboto, Kecamatan Bener Sabtu (9/3/2024)

BENER-Kepramukaan merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka. Kegiatan dilakukan dengan prinsip dasar kepramukaan dengan tujuan akhir, sebagai pembentukan watak dan budi pekerti luhur.

Penjelasan itu disampaikan oleh Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH saat menghadiri acara Pembukaan Narakarya Pramuka di SD N Kaliboto, Desa Kaliboto, Kecamatan Bener Sabtu (9/3/2024) Turut mendampingi Kabag Prokopim Anas Naryadi SH MM dan Forkopimcam Bener.

Lebih lanjut Bupati mengatakan Pemerintah menaruh harapan besar dan sekaligus menjadi tugas mulia bagi Gerakan Pramuka untuk lebih berperan dalam pembinaan karakter generasi muda Indonesia, utamanya memupuk semangat bela negara dan rasa cinta tanah air. Hal itu diwujudkan dengan ditetapkannya pendidikan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah-sekolah formal.

“Pelaksanaan kepramukaan merupakan proses pendidikan sepanjang hayat menggunakan tata cara rekreatif dan edukatif dalam mencapai sasaran dan tujuannya,” kata Yuli Hastuti.

Menurut Bupati, Narakarya merupakan program pembinaan lanjutan yang sangat penting, karena Narakarya menjadi salah satu kata kunci suksesnya pembina pramuka. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test