Pantau Hilal di Pantai Jetis, Kantor Kemenag Tetangga Ikut Serta

pantau hilal
MENDUNG : Hilal tidak terlihat saat dilakukan rukyatul hilal di Pantai Jetis Purworejo dikarenakan mendung.

PURWOREJO-Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purworejo melaksanakan Rukyatul Hilal Penentuan Awal Ramadan 1445 H/2024 M di Pantai Jetis Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo, Minggu (10/3/2024) petang. Adapun hasilnya, hilal tidak terlihat karena terhalang oleh mendung.

Rukyatul hilal merupakan kriteria penentuan awal bulan kalender hijriyah dengan cara merukyah atau mengamati hilal atau bulan sabit secara langsung. Apabila hilal tidak terlihat atau gagal terlihat, maka bulan kalender berjalan digenapkan menjadi 30 hari.

Pantauan hilal dilakukan di samping gazebo komplek Pantai Jetis sejak puku 17.56 WIB hingga 18.02 WIB. Ada beberapa pihak yang ikut memantau yakni Tim Rukyat Kantor Kemenag Purworejo, Organisasi Masyarakat Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, LDII, Pondok Pesantren serta Kemenag Kabupaten tetangga yakni Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang dan Kota Magelang.

Kasubbag TU Kemenag Purworejo Dr Uan Abdul Hanan SAg MSI menjelaskan, dari hasil pengamatan yang dilakukan selama kurang lebih 5 menit tidak seorangpun melihat hilal karena tertutup mendung. Ketinggian hilal berada di 1� 26′ 23,37″ dan elongansi bulan 1� 08′ 07,08″ atau sebelah selatan matahari terbenam.

Kriteria baru imkanur rukyat Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) mensyaratkan untuk menentukan awal bulan qomariyah harus terpenuhi syarat tinggi hilal minimal 3 derajat, dan jarak sudut bulan-matahari (elongasi) minimal 6,4 derajat.

“Jadi untuk rukyatul hilal kali ini, dapat dinyatakan tidak bisa melihat hilal” kata Uan Abdul Hanan di lokasi kegiatan.

Pihaknya juga akan mengirimkan hasil pengamatan ke Kementerian Agama RI untuk disidangkan dalam sidang itsbat. Sebagai informasi, sidang itsbat penentuan 1 Ramadan 1445 H/2024 M oleh Kementerian Agama RI dilakaukan pada Minggu 10/3/2024.(ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test