Demokrat Belum Tentukan Siapa Yang Duduk di Pimpinan DPRD

partai demokrat purworejo
KURSI : Partai Demokrat belum menentukan siapa yang akan menduduki kursi pimpinan DPRD periode 2024-2029

PURWOREJO-Menilik dari hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purworejo, Partai Demokrat dimungkinkan mendapatkan tujuh kursi DPRD Purworejo. Raihan ini memastikan partai berlogo mercy itu tetap bertahan di kursi pimpinan DPRD. Meski Demikian, belum ditentukan siapa nanti yang akan mendudukinya.

Ketua Badan Pembinaan Organisasi Keanggotaan dan Kader DPC Partai Demokrat Kabupaten Purworejo, Purwanto mengungkapkan jika memang belum ada penetapan dari KPU. Hanya saja perhitungan internal menunjukkan raihan tujuh kursi dalam Pemilu serentak 2024 lalu.

Disebutkan jika ketujuh caleg terpilihh hasil Pemilu serentak 2024 itu, lima orang merupakan wajah lama atau incumben. Sementara 2 orang lagi merupakan wajah baru,” kata Purwanto, Kamis (14/3/2024).

Ia mengutarakan bahwa pertarungan politik pada Pemilu serentak 2024 cukup berat bahkan lebih sulit dibanding Pemilu serentak 2019. Biaya politik di pada Pemilu kali ini dinilai cukup tinggi disisi lain cukup banyak pendatang baru dengan semangat yang berapi-api.

“Banyak pendatang baru dan rata-rata mereka adalah politisi muda dengan semangat luar biasa. Mereka hebat-hebat,” katanya lagi.

Kendati demikian pada Pemilu tahun ini Demokrat berhasil meraup dukungan hingga 63.475 suara untuk DPRD Purworejo. Jumlah dukungan untuk partai besutan Susilo Bambang Yudoyono ini disebut meningkat dibanding Pemilu 2019 yang hanya berada pada kisaran 54 ribu.

Purwanto mengutarakan perolehan kursi dan suara Demokrat pada Pemilu ini merata di setiap Dapil. Perolehan dukungan paling dominan terjadi di Dapil I serta Dapil IV.

Pada Dapil I Demokrat memperoleh 13.097 suara dan berpeluang mendapat dua kursi di DPRD. Begitu pula di Dapil IV yang memperoleh dukungan sebanyak 15.081 suara.

Dari 17 Parpol yang bertarung di Purworejo pada Pemilu tahun ini, Demokrat berhasil masuk pada urutan ketiga dengan perolehan suara paling banyak. Perolehan suara tertinggi masih dipegang oleh PDI Perjuangan disusul Partai Golkar.

“Ini merupakan perjuangan seluruh kader. Teman-teman sudah bekerja maksimal siang malam hingga Demokrat memperoleh tujuh kursi di DPRD Purworejo pada Pemilu ini,” tambahnya.

Ditanya siapa yang nanti akan ditunjuk untuk menduduki jabatan wakil ketua DPRD Purworejo dari Partai Demokrat, Purwanto mengatakan bahwa untuk saat ini partainya belum membahas hal itu, mengingat belum ada penetapan resmi dari KPU tentang Caleg yang lolos dan berhak atas kursi di DPRD.

“Yang jelas itu nanti menjadi kewenangan jajaran pengurus partai Demokrat. Sejauh ini belum ada pembicaraan kearah itu karena kita masih menunggu penetapan serta pengumuman resmi KPU,” jelas Purwanto. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test