PKB Menatap Pilkada Purworejo 2024

pkb purworejo
Ketua PKB Purworejo Fran Suharmaji

PURWOREJO-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Purworejo menargetkan mengusung Calon Bupati (AA 1) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Pada Pilkada Purworejo mendatang, PKB masih akan mengandalkan para pemilih militan yang sudah terbukti soliditasnya pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 kemarin.

Ketua DPC PKB Kabupaten Purworejo, Fran Suharmaji mengemukakan, pada Pileg kemarin PKB mendapatkan peningkatan 1 kursi tambahan di DPRD Purworejo.

“Secara target ya sesuai target, memang 6 target kita, yang masuk 6. Kita ada kenaikan 1 kursi, sudah sesuai yang diharapkan,” kata Fran saat ditemui di ruang Fraksi PKB DPRD Purworejo, Jumat (15/3).

Dengan penambahan kursi itu, lanjut Fran, PKB kini langsung mulai menjajaki untuk melangkah menuju Pilkada Purworejo 2024.

“Iya sudah saatnya kita pikirkan itu (Pilkada), yang jelas nanti kita punya kyai sepuh, punya struktural, DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) hingga DPP (Dewan Pimpinan Pusat), kita tentunya selama ini kan juga komunikasinya dengan kyai, tokoh masyarakat, kita mintai pendapatnya,” ungkap Fran, yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Purworejo tersebut.

Fran mengakui jika PKB Purworejo sudah mulai menjajaki untuk kemungkinan berkoalisi dengan partai lain. Dengan perolehan 6 kursi DPRD, PKB masih butuh berkoalisi setidaknya dengan 1 partai lagi untuk mengusung Calon Bupati. Namun demikian, Fran berharap partainya bisa mendapat dukungan dari semua partai yang memiliki kursi di DPRD Purworejo pada Pilkada mendatang.

“Jadi kita sudah mulai penjajakan, tapi karena kursi kami juga belum memenuhi (untuk mengusung sendirian), tentunya kami juga berharap koalisi, dan target kami koalisinya kalau bisa dapat dukungan dari semua partai, bisa ikut mendukung kita. Selama ini ada yang sudah intens, komunikasi dan lain sebagainya,” terang Fran.

Baca juga Demokrat Belum Tentukan Siapa Yang Duduk di Pimpinan DPRD

Lebih lanjut, Fran menyampaikan, seperti pada Pileg kemarin, PKB Purworejo masih akan mengandalkan pemilih militan pada Pilkada.

“Target mesti AA 1, karena kita dari sisi militansi, dari hasil Pileg sudah bisa dilihat, sebagian besar itu pemilih militan kita, itu andalan kita,” katanya.

Terkait usulan nama calon yang akan diusung, Fran mengaku belum mengajukan rekomendasi ke DPW maupun DPP. Nantinya, Fran akan menyerahkan keputusan terkait nama calon yang akan diusung PKB untuk Pilkada Purworejo ke DPP.

“Rekom belum, kita belum mengajukan, nanti lah pada saatnya, bagaimanapun juga itu memang kewenangan daripada pusat lewat DPW, tapi bagaimanpun juga pusat dan DPW akan meminta masukan dari kami. Tapi kewenangan, keputusan dari DPP. PKB intinya banyak lah kader-kader yang siap. Mulai setelah pileg ini kita mengarah kesana, kader-kader kita banyak yang siap,” pungkas Fran. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test