Bupati Bagi-Bagi Bingkisan Lebaran

bingkisan disabilitas
HANGAT : Warga disabilitas bercengkrama dengan Bupati Yuli Hastuti dalam acara di Pendopo Rumah Dinas Bupati

PURWOREJO-Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH menyerahkan bingkisan Hari Raya Idul Fitri bagi 100 warga disabilitas, di emper wetan rumah dinas Bupati, Jum’at (22/02/3024). Turut hadir Kepala Dinsosdaldukkb Ahmat Jainudin SIP MM, Kabag Prokopim Anas Naryadi SH MM, serta unsur terkait lain nya.

Dalam kesempatan itu Bupati mengungkapkan bahwa bingkisan ini merupakan bentuk perhatian dan tali asih Pemerintah kepada warganya. “Jangan dilihat isi atau jumlahnya, tetapi inilah salah satu bentuk kepedulian dan perhatian kami kepada panjenengan semua, ” ungkapnya.

Baca juga Jalur Strategis Pemudik, Purworejo Jadi Perhatian Bersama

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan bahwa berdasarkan data yang ada, jumlah penyandang disabilitas di Kabupaten Purworejo tercatat sebanyak 7.073 orang. Dan dari jumlah tersebut tidak semua penyandang disabilitas merupakan keluarga kurang mampu.

“Pemerintah Kabupaten Purworejo akan memprioritaskan penyandang disabilitas yang tidak mampu untuk mendapatkan bantuan sosial (PKH/BPJS Kesehatan/jaminan hidup) dan alat bantu, ” ungkapnya.

Untuk itu, Bupati berharap bagi penyandang disabilitas yang berasal dari keluarga mampu, untuk mengusahakan alat bantu secara mandiri dan tidak “cemburu” bila tidak menerima bantuan sosial (bansos).

Untuk memudahkan pendataan, Pemerintah berharap organisasi- organisasi disabilitas dapat bersinergi, saling menguatkan dan mendukung.

“Melalui induk organisasi inilah Pemerintah akan melakukan pembinaan, pemberdayaan dan apabila mungkin memberikan hibah bantuan. Kebijakan ini dimaksudkan agar kelompok disabilitas terjaga kehormatan harkat dan martabatnya, ” katanya.

Menurut Kepala Dinsosdaldukkb Ahmat Jainudin, kegiatan ini adalah kegiatan tahunan yang di lakukan di setiap bulan Ramadhan. Jumlah yang diundang 100 orang, yang masing-masing menerima Rp 200 ribu.

“Perlu di ketahui Ibu Bupati selalu dawuh kepada kita dan instansi lain nya untuk memperjuangkan perlindungan dan hak-hak kelompok disabilitas dan bahkan melebar sampai yang lanjut usia di Kabupaten Purworejo, makanya kemarin kita launching inovasi pemenuhan alat bantu bagi disabilitas dan lanjut usia, ” katanya. (ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test