Kecamatan Purworejo Tidak Jadi Sasaran Bazar Pangan Ramadhan

bazar pangan murah
MAMPU : Bupati Yuli Hastuti menyerahkan bantuan pangan bagi warga kurang mampu.

PURWOREJO-Desa Pogungjurutengah Kecamatan Bayan menjadi desa pertama yang menjadi lokasi kegiatan Bazar Pangan Ramadhan, Senin (25/03/2024). Kegiatan semacam ini rencananya memang akan dilaksanakan secara bergantian selama bulan Ramadhan di 15 kecamatan, kecuali Kecamatan Purworejo. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas KUKMP, Kabag Perekonomian, Kabag Prokopim serta Forkopimcam setempat.

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, kebutuhan bahan pokok penting (bapokting) di masyarakat cenderung mengalami peningkatan pada saat bulan suci Ramadhan, sehingga berdampak pada kenaikan harga. Lonjakan harga yang tinggi tentu akan membebani sekaligus mengurangi daya beli masyarakat.

”Dari hasil pantauan bersama Forkopimda, stok bapokting di Kabupaten Purworejo dalam kondisi aman, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Meski demikian, untuk menyikapi fenomena terjadinya lonjakan harga selama Ramadhan, Pemerintah Kabupaten Purworejo bekerjasama dengan berbagai pihak menggelar Bazar Pangan Ramadhan. Antara lain menggandeng kelompok tani untuk menyediakan hasil pertanian, menjual produk dari forum UMKM, serta fasilitasi Bulog dalam penyediaan beras, serta Gudang Distributor Nusa Bakti Indah Alam,” ungkapnya.

Baca Juga Warga Seputar Jrakah Bayan Dapat Pelatihan Menjahit

Melalui pelaksanaan Bazar Pangan Ramadhan, Bupati berharap dapat menjaga stabilisasi pasokan dan harga barang kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, mendekatkan produsen kepada konsumen agar distribusi lebih efisien, serta sebagai sarana memperkenalkan produk UMKM. Selain itu, diharapkan dapat membantu warga dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan harga yang relatif terjangkau.

”Namun pada dasarnya, hikmah yang dapat dipetik dari pelaksanaan pasar murah ini, yaitu memperat hubungan Pemerintah Kabupaten Purworejo dengan masyarakat. Terlebih saat ini, dalam suasana bulan penuh berkah, kita dianjurkan untuk saling membantu antar sesama, terutama warga yang kurang mampu,” katanya.

Bazar pangan ini dapat menjadi alternatif yang menarik bagi masyarakat Purworejo untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat secara ekonomi, tetapi juga memberikan kontribusi positif dalam upaya menjaga stabilitas harga pangan di wilayah tersebut. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test