Kepadatan Terjadi di Pusat Perbelanjaan, Polres Turun Tangan

pantau arus lalin
PANTAU : Wakapolres Kompol Fadli dan Kadinhub Purworejo Fithri Edhi Nugroho melakukan pemantauan arus lalulintas di seputar patung WR Soepratman.

PURWOREJO-Peningkatan arus lalulintas mulai terjadi seiring mendekatnya Idhul Fitri 1445 H. Di wilayah hukum Polres Purworejo, kepadatan mulai terpantau meningkat. Tidak hanya di jalan raya namun juga di pusat-pusat perbelanjaan.

Salah satunya kepadatan yang terjadi di pusat perbelanjaan Pasar Baledono dan Simpang Tiga Plaza. Untuk menyikapi hal tersebut Polres Purworejo bersama Dinas Perhubungan Purworejo dan instansi terkait lainnya melakukan rekayasa arus lalu lintas untuk mengurai kepadatan tersebut, Minggu (7/4/2024).

Kapolres Purworejo melalui Wakapolres Purworejo Kompol Fadli SH SIK MH didampingi PJU Satlantas Polres Purworejo beserta Kepala Dinas Perhubungan Fithri Edhi Nugroho SE MM menyampaikan rekayasa arus lalu lintas dilakukan dengan cara mengalihkan beberapa kendaraan yang tidak berkepentingan menuju pasar dan terutama mentertibkan parkir yang memakai bahu jalan.

Baca Juga : Karena Pil, BR Harus Berlebaran di Tahanan

“Untuk pemudik dari arah Magelang ke Purworejo yang melalui pusat perbelanjaan, kami alihkan ke jalur lain atau jalur alternatif sehingga dapat mengurangi kepadatan arus lalin pada titik tersebut,” katanya Kompol Fadli.

Wakapolres Purworejo menambahkan bahwa arus lalu lintas di depan Pasar Baledono dan Simpang 3 Plaza diberlakukan rekayasa arus lalu lintas satu jalur dan telah dipersiapkan Pos Strong Point beserta beberapa anggota Kepolisian guna mengatur lalu lintas di sekitar pusat perbelanjaan tersebut.

“Rekayasa lalu lintas yang kami lakukan bersifat situasional dan apabila memang diperlukan kami juga akan memasang beberapa water barier di titik-titik yang arus lalu lintasnya rawan padat demi kelancaran dan kenyamanan arus mudik menjelang Lebarang 2024,” jelas Fadli.

Selain rekayasa arus lalu lintas di pusat perbelanjaan dan pertokoan, Polres Purworejo juga melakukan di beberapa titik lainnya yang rawan menimbulkan kepadatan arus lalin. Ada beberapa Pos Pengaman menuju obyek wisata, Pos Terpadu di perbatasan dengan provinsi Jogjakarta dan beberapa Pos Pelayanan maupun Pos Strong Point lainnya yang dipersiapkan untuk membantu para pemudik.

“Kami menghimbau pada para pemudik yang akan melintas wilayah purworejo, karena jalur Purworejo merupakan titik lelah para pemudik maka apabila merasa ngantuk dan lelah agar beristirahat dan bila ada permasalahan-permasalahan di jalan bisa merapat ke pos pengamanan maupun pos pelayanan yang kami siapkan,” imbuh Fadli. (ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test