Seplawan Berbenah Sambut Wisatawan Lebaran

gua seplawan
CANTIK : Pengelola obyek wisata Gua Seplawan tengah memasang bendera untuk mempercantik kawasan guna menyambut kunjungan wisatawan.

KALIGESING-Obyek wisata Gua Seplawan di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing siap menerima kunjungan wisatawan dalam Lebaran 2024. Berbagai persiapan dan penataan dilakukan untuk menjadikan kawasan tersebut lebih nyaman dan cantik saat dikunjungi.

Karyawan pengelola Gua Seplawan, Kelik BR mengatakan dirinya bersama rekan-rekan kerjanya sudah beberapa hari menjelang datangnya Lebaran melakukan pembersihan. Terbagi dalam dua tempat yakni kawasan gua dan gardu pandang, menjadikan petugas harus berbagi tugas.

“Yang utama dilakukan adalah perawatan rumput, karena memang kawasan ini didominasi rerumputan hijau,’ kata Kelik, Minggu (7/4/2024).

Baca Juga : Lebaran Ini, Guest House Kusumo Siap Menerima Tamu

Pemangkasan dan perawatan rumput memang rutin dilakukan, namun untuk kali ini lebih dimaksimalkan sehingga akan jauh lebih rapi dan bersih. Apalagi untuk tahun ini menjadi Lebaran pertama bagi Gua Seplawan setelah mendapat beberapa sentuhan di bagian pintu masuk kawasan gua.

“Pintu gerbang atau pintu tiket masuk itu baru saja selesai dibangun. Sekarang lebih luas dan lega untuk masuk ke kawasan obyek wisata ini,” tambah Kelik.

Selain itu, untuk semakin mempercantik kawasan, pihaknya juga melakukan pemasangan beberapa bendera. Tidak kalah penting adalah perawatan lampu di dalam gua sebagai penerangan bagi pengunjung yang ingin menyusuri kedalam gua.

“Jalur kabel lampu kita lakukan perawatan. Lampu-lampu yang mati juga sudah diganti. Jadi saat berada di dalam gua, sudah terang,” imbuh Kelik.

Disinggung mengenai tarif masuk ke dalam kawasan Seplawan, Kelik menyebut jika tarif yang dikenakan adalah tarif liburan dengan harga tiket masuk Rp 5.000. Sementara untuk parkir dikenakan Rp 2.000.

Terpisah Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Kepemudaan, Olaharaga dan Pariwisata Kabupaten Purworejo, Agung Pranoto mengatakan akan ada atraksi budaya di obyek wisaa andalan Purworejo tersebut.

“Kami menyiapkan atraksi budaya di Gua Seplawan dan Pantai Dewa Ruci,” kata Agung.

Khusus di Gua Seplawan rencananya akan digelar pada Sabtu (13/4/2024) yakni kesenian kuda Sedyo Asih Tunggal Jati Lokananta dan tari dolalak Setyo Budoyo di area TIC (tourits information centre).

“Kalau untuk Dewa Ruci ada tampilan kuda kepang Kencono Wungu Pedipokan Ismoyo Jati,” jelas Agung. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test