Mudalrejo Gelar Takbiran Dengan Usung Gamelan

gamelan

PURWOREJO-Beberapa alat gamelan diusung warga Desa Mudalrejo Kecamatan Loano untuk memeriahkan malam takbiran, Selasa (9/4/2024). Layaknya takbiran yang dilakukan berkeliling, perangkat itu pun dibawa berkeliling untuk menyambut datangnya hari kemenangan.

Dengan menggunakan dua mobil towing berukuran besar yang diisi dengan perlengkapan karawitan, para pemuda memulai perjalanan takbir keliling mereka keliling desa.

Tokoh masyarakat Haryono, menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti crew Selo Jati, kelompok dusun Kalongan serta lapisan masyarakat lainya. Takbir keliling bukanlah hal baru, karena sudah menjadi tradisi yang dilestarikan oleh anak muda.

“Pemilihan alat musik tradisional sebagai pengiring takbir keliling bukan hanya sekadar hiburan, namun juga sebagai upaya pelestarian budaya,” kata Haryono.

Mereka ingin menunjukkan bahwa alat musik tradisional mampu memberikan nuansa yang berbeda dan meriah dalam perayaan takbir keliling. Perjalanan takbir keliling dimulai dari desa dan dilanjutkan menuju ke arah kota. Di sepanjang perjalanan, tidak hanya muda-mudi dari desa Mudalrejo yang menggelar takbir keliling, namun juga terlihat di berbagai tempat lainnya.

Tidak hanya mengandalkan musik gamelan, beberapa kelompok juga menggunakan oncor atau obor serta melakukan atraksi semprot api untuk menambah keseruan perayaan takbir keliling. Di wilayah kota, takbir keliling juga dihiasi dengan berbagai sound besar dan lampu lighting yang sangat meriah, menambahkan suasana festifitas dalam menyambut malam takbiran.

“Dengan adanya kegiatan takbir keliling sembari memperkenalkan musik tradisional gamelan, diharapkan dapat meningkatkan kecintaan terhadap budaya lokal serta mempererat tali persaudaraan di antara masyarakat desa Mudalrejo Loano dan sekitarnya,” imbuh Haryono. (ndi)

Penulis: Andi SusantoEditor: Agung Budi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test