IKIP dan UMPWR Resmi Miliki Ikatan Alumni

alumni umpurworejo
LANTIK : Ketua IKA IKUMPWR Periode 2024-2026 dilantik oleh Rektor UMPWR dalam acara Mubes dan Reuni Akbar di Auditorium Kasman Singodimedjo UMPWR.

PURWOREJO-Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) resmi memiliki ikatan alumni untuk mewadahi para lulusannya sejak berdiri dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) pada tahun 1964 hingga menjadi universitas saat ini. Pembentukan Ikatan Keluarga Alumni IKIP dan UMPWR (IKA IKUMPWR) berlangsung dalam acara Musyawarah Besar (Mubes) dan Reuni Akbar di Auditorium Kasman Singodimedjo UMPWR, Minggu (14/4/2024).

Mubes dan reuni akbar diikuti ratusan alumni lintas angkatan. Hadir antara lain Ketua BPH UMPWR, Drs H Muh Hamidi MPd, Ketua PDM, Drs H Pudjiono, Rektor UMPWR, Dr Teguh Wibowo MPd, bersama para wakil rektor dan dosen.

Dalam kesempatan itu, seluruh peserta sepakat membentuk kepengurusan alumni dengan Ketua Umum periode 2024-2026 Drs Sukamto, lulusan tahun 1992 yang kini aktif mengajar di SMA Negeri 5 Magelang. Mubes juga menyepakati dan mengesahkan AD-ART sebagai pedoman ikatan alumni dalam menjalankan roda organisasi.

Ketua Panitia Mubes dan Reuni Akbar, Dr Nikmaturrohmah MPd, menyebut Mubes dan Reuni Akbar merupakan tindak lanjut dari musyawarah pada Desember 2023 lalu yang diikuti sekitar 180 perwakilan alumni mulai angkatan terlama hingga terbaru. Berdasarkan hasil masyawarah itu diketahui bahwa sejak berbentuk IKIP hingga beralih menjadi universitas, ikatan alumni belum pernah terbentuk.

Baca Juga : 150 UMKM Purworejo Didorong Penguatan Legalitas Usaha

“Peran alumni sangat penting sehingga harus diwadahi dalam bentuk ikatan alumni yang berfungsi untuk menyambung tali silaturahmi, baik dari alumni angkatan lama maupun angkatan terbaru. Alhamdulillah hari ini Mubes terselenggara secara Luring dan Daring dengan peserta yang konfirmasi mendaftar mencapai 388 alumni dari berbagai daerah,” sebutnya.

Menurut Nikmaturrohmah, Mubes dan Reuni Akbar berlangsung cukup istimewa karena acara perdana ini sekaligus menjadi yang perdana menggunakan auditorium UMPWR pascarenovasi. Mubes juga berhasil memilih ketua ikatan alumni dan mengesahkan ADART secara demokratis.

“ADRT sudah mulai disusun sejak pramubes dan hari ini sepakat untuk disahkan. Sesuai ADRT Mubes akan digelar setiap 2 tahun,” jelasnya.

Rektor UMPWR dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Mubes dan Reuni Akbar sekaligus terbentuknya ikatan alumni. Pihaknya berkomitmen untuk turut mendukung keberadaan ikatan alumni, salah satunya yakni dengan menyediakan sebuah ruangan di lantai 1 kampus timur yang sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas.

“Monggo nanti pengurus alumni terpilih bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Silakan berkoordinasi bisa tiap minggu atau tiap bulan di ruang alumni,” katanya.

Diungkapkan, peran alummi sangat penting mengingat kolaborasi antara alumni dengan perguruan tinggi sangat dibutuhkan seiring perkembangan dunia pendidikan. Kurikulum saat ini sudah mengarahkan adanya kolaborasi dengan praktisi, baik bidang pendidikan maupun nonkependidikan. Masukan alumni juga dibutuhkan untuk pengembangan kurikulum dan akreditasi.

“Kemudian di sektor kewirausahaan, kurikulum sekarang mata kuliah kewirausahaan sangat dianjurkan sehingga kami harapkan nanti ada kolaborasi dengan alumni bagaimana menumbuhkan UMKM alumni dan mahasiswa. Kami harapkan ke depan nanti ada sebuah kegiatan bersama,” terangnya.

Sementara itu, Drs Sukamto saat ditemui usai acara mengaku siap menjalankan amanah yang diberikan sebagai Ketua IKA IKUMPWR. Menurutnya, alumni UMPWR yang tersebar di berbagai sektor dan wilayah saat ini memiliki sumber daya yang sangat besar. Pihaknya berharap, seluruhnya memiliki rasa tanggung jawab dan kebersamaan untuk menjalankan organisasi sehingga dapat berkontribusi secara optimal bagi almamater.

“Pasca Mubes ini langkah awal yang akan kita lakukan tentu menyusun struktur oraganisasi. Selanjutnya kan kita rumuskan program-program, apa saja yang akan kita kerjakan,” tandasnya. (ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test