RS PKU Kutoarjo Rutin Lakukan Pengobatan Gratis

pku muhammadiyah kutoarjo
PENGOBATAN : Salah satu warga Kutoarjo mengikuti pengobatan gratis di RS PKU Kutoarjo

KUTOARJO-Puluhan warga mendapatkan fasilitas pengobatan gratis dari Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Kutoarjo. Pengobatan dan pemeriksaan gratis dilaksanakan di RS tersebut, di Jalan Kauman No 6 Kutoarjo pada Jumat (19/4/2024).

Pengobatan gratis itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan Milad Ke-74 RS PKU Muhammadiyah Kutoarjo. Selain pada momen Milad, pengobatan dan pemeriksaan kesehatan secara gratis ini juga sebelumnya telah digelar secara rutin oleh RS PKU Kutoarjo.

Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Kutoarjo, dokter Destania Tri Kusuma Wardani mengatakan, rangkaian Milad Ke-74 Tahun 2024 RS PKU Kutoarjo sudah dilaksanakan sejak sebelum bulan puasa 2024.

Rangkaian tersebut meliputi berbagai kegiatan baik internal dan eksternal. Kegiatan internal diantaranya lomba volly, tumpeng dan banyak lagi. Untuk kegiatan eksternal ada donor darah, sunatan massal, pengobatan gratis dan pengajian.

“Pengobatan gratis ini kegiatan puncak Milad dan pesertanya cukup banyak, mereka periksa dan mendapat pengobatan gratis tidak dipungut biaya apapun,” ucapnya.

Lebih lanjut, dijelaskan, peserta pengobatan gratis tidak dibatasi bagi warga Kutoarjo saja. Namun, saat ini peserta memang banyak yang datang dari sekitar kecamatan Kutoarjo.

“Cek kesehatan dan pengobatan gratis meliputi cek kolesterol, cek gula darah, cek asam urat, konsultasi dokter dan obat dengan apoteker yang sudah dihadirkan,” katanya.

Pengobatan gratis ini, kata Destania, sebelumnya juga sudah dilakukan secara rutin. Berbeda dengan saat Milad, pengobatan gratis sebelumnya dilaksanakan dengan cara berkeliling ke sejumlah wilayah secara bergantian.

“Ya ada dokter, perawat, dan apoteker yang melayani. Pengobatan gratis ini sebetulnya sudah rutin dilakukan, dua bulan sekali biasanya kami melakukan pengobatan gratis keliling ke kecamatan-kecamatan, dan kali ini kami pusatkan di kompleks rumah sakit,” jelasnya.

Ditambahkan, usia 74 tahun bagi RS PKU Muhammadiyah Kutoarjo bukanlah usia yang muda lagi. Berangkat dari balai pengobatan di tahun 1950 kini sudah banyak fasilitas yang dihadirkan dan mampu melayani pasien rawat inap dan rawat jalan.

“Rawat jalan kami sudah ada poliklinik, ada poli penyakit dalam, poli kandungan dan poli anak, ada enam dokter umum, perawat, bidan, radiografer dan analis semua siap,” imbuhnya.

Menurutnya, RS PKU Muhammadiyah Kutoarjo sudah dilengkapi instalasi radiologi. Rawat inap ada 50 tempat tidur yang disiapkan di lantai II gedung baru. Pelayanannya juga sama, tidak dibedakan antara pasien BPJS dan umum.

“Harapan kedepan semoga bisa lebih baik lagi di semua sisi, baik sarpras dan pelayanan, sehingga bisa bermanfaat membantu sesama,” ujarnya.

Ketua PC Muhammadiyah Kutoarjo, Mansur berharap, RS PKU Muhammadiyah Kutoarjo bisa terus berkembang melayani umat tanpa membedakan dari segi apapun.

“Kami terus bersinergi, mengawal rumah sakit ini menjadi pusat layanan kesehatan yang unggul dan bersahabat bagi semua kalangan,” ungkapnya.

Salah satu peserta pengobatan gratis, Sumarni (45) warga Pacor, Kecamatan Kutoarjo mengaku senang bisa mengakses pengobatan gratis kali ini.

“Saya punya keluhan pusing, mual dan badan pegal-pegal. Saya dapat info pengobatan gratis dari teman yang kebetulan suaminya kerja disini. Sangat membantu. Tadi dikasih obat sama diperiksa, terimakasih,” ujarnya. (ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test