31 Pendaftar Polri Gagal Lewati Seleksi Administrasi

tes polri
AWAL : Pendaftar calon anggot Polri menunggu panggilan untuk dilakukan verifikasi dan pemeriksaan administrasi awal di Polres Purworejo.

PURWOREJO-Tercatat ada 197 anak muda di Kabupaten Purworejo yang mendaftarkan diri sebagai anggota Polri melalui jalur seleksi Akpol, SIPSS, Bintara maupun Tamtama. Mereka melakukan pendaftaran secara online dimana 11 untuk jalur Akpol, 170 pendaftar melalui seleksi jalur Bintara dan 16 pendaftar melalui seleksi jalur Tamtama.

“Animo cukup bagus. Karena kita mensosialisasikan ke sejumlah sekolah setingkat SMU, serta sosialisasi ke sejumlah instansi termasuk melalui media sosial bioskop,” Kabag SDM Polres Purworejo Kompol Lelono W Bramantyo SKom, Sabtu (27/4/2024).

Baca Juga : Doa Lintas Agama Polres Untuk Pilkada 2024

Dari 197 pendaftar online selanjutnya akan melaksanakan proses verifikasi atau pemeriksaan administrasi awal di Polres Purworejo. Untuk Akademi Kepolisian (Akpol) verifikasi dan pemeriksaan administrasi awal pada tanggal 16-18 April 2024, Bintara dan Tamtama proses verifikasi pada tanggal 20-25 April 2024.

“Pemeriksaan awal administrasi peserta seleksi masuk anggota Polri 2024 kami pusatkan di Gedung Auditorium Polres Purworejo. Adapun sejumlah instansi yang dilibatkan yaitu Dinas Pendidikan dan Olah raga (Disdikpora) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil),” tambahnya.

Ditambahkan, pemeriksaan melibatkan pihak eksternal untuk mengetahui keabsahan administrasi lebih lanjut. Hal ini karena pihak eksternal yang mengetahui persis keaslian berkas yang diajukan oleh tiap-tiap peserta seleksi.

“Dari pengamatan awal, para peserta yang mengikuti seleksi baik dari segi postur maupun administrasi mayoritas bagus dan memenuhi syarat,” kata Bramantyo.

Adapun verifikasi dan pemeriksaan administrasi awal meliputi, ijazah, Akte Kelahiran, KTP, postur tubuh, berat badan maupun tinggi badan. Pemeriksaan ini dimaksudkan untuk mengetahui kelengkapan serta persyaratan awal seleksi di tingkat Polres.

Hingga akhir batas waktu proses verifikasi, dari 197 pendaftaran yang dinyatakan lolos sebanyak 166 pendaftar. Pendaftaran yang dinyatakan lolos meliputi 10 orang melalui seleksi Akpol yang terdiri dari sembilan pria dan satu wanita, 143 orang melalui jalur seleksi Bintara yang terdiri dari 119 pria dan 24 wanita serta 13 peserta pria dari jalur seleksi Tamtama.

‘Peserta yang dinyatakan lulus, selanjutnya akan mengikuti seleksi tingkat selanjutnya di Polda Jateng,” terang Kabag SDM

Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo SIK MKP berpesan agar para calon mempersiapkan diri menghadapi test, jangan terpengaruh dengan isu-isu yang tidak semestinya.(ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test