Pejabat Polres Jadi Inspektur Upacara SMPN 41

smpn 41 purworejo
UPACARA : Kasat Samapta Polres Purworejo AKP Markotib menjadi inspektur upacara di SMPN 41 Purworejo.

KEMIRI-Siswa SMPN 41 Purworejo mendapatkan pencerahan dari Polres Purworejo untuk terhindar dari tindak kriminalitas. Secara langsung dua pejabat Polres Purworejo yakni Kabagres Kompol Suprihadi dan Kasat Samapta AKP Markotib memberikan banyak hal inspiratif bagi siswa.

Dalam upacara bendera Senin (29/4/2024), AKP Markotib bertindak sebagai inspektur upacara dan menyampaikan hal-hal terkait kriminalitas yang harus dihindari dikalangan anak muda.

“Hindari perilaku menyimpang seperti merokok, penggunaan miras, narkoba, bullying dan tawuran antar pelajar,” kata Markotib.

Baca Juga : 31 Pendaftar Polri Gagal Lewati Seleksi Administrasi

Kegiatan dilanjutkan setelah upacara yang diisi oleh Kabagren Kompol Suprihadi. Disampaikan jika diperlukan kerjasama yang saling melengkapi antara sekolah, kepolisian, desa, orang tua dan masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan pendidikan generasi muda, khususnya di sekolah yang berada di Desa Kaliglagah, Kecamatan Kemiri, Purworejo tersebut.

Setelah upacara dan pembinaan, dilanjutkan dengan sesi Pembinaan Teknis di ruang pertemuan kelas yang dihadiri oleh guru dan perwakilan siswa kelas 7, 8 dan 9.

Dalam pembinaan dan motivasi ini, Kabagren berharap agar siswa dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi setelah menyelesaikan SMP, minimal hingga tingkat Sarjana (S1).

Kabagren memberikan motivasi yang sangat menyentuh hati. Siswa diminta tertib di jalan raya dan di sekolah, menghormati bapak ibu guru dan berbakti pada orang tua.

Kabagren juga melatih siswa untuk fokus belajar dengan cara berkonsentrasi. Dalam konsentrasi itu, siswa diminta untuk memejamkan mata, sambil membayangkan kedua orang tuanya. Di hadapan orangtua, siswa meminta maaf atas segala kesalahannya, sekaligus meminta doa restu dalam mencapai cita-cita.

Suasana makin mengharu biru saat dilakukan perenungan diri. Puluhan siswa tampak menangis terharu pada momen ini.

Dirinya memberikan apresiasi kepada mereka yang memiliki impian untuk menjadi bagian dari TNI atau Polri, menekankan pentingnya melatih fisik dan menjalani gaya hidup sehat. Semua cita-cita tinggi yang baik perlu perjuangan dan kerja keras.

Kepala SMPN 41 Purworejo, Tri Purnomo SPd MPd berharap dari kegiatan tersebut sekolahnya akan bisa menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk mendukung perkembangan positif siswa.

Sekolah berharap kegiatan pembinaan ini dapat berkelanjutan dan Polres Purworejo terlibat menjadi bagian dari proses pendidikan, juga memperkuat sinergi positif antara kepolisian, sekolah dan masyarakat.

“Keberlanjutan kegiatan semacam ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, kondusif dan mampu menghasilkan generasi muda yang berkompeten dan berintegritas,” kata Tri Purnomo. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test