SMK YPP Loloskan 2 Siswanya Maju Tingkat Provinsi

smk ypp purworejo
JUARA : Kepala SMK YPP Purworejo bersama siswa yang mendapatkan juara dalam ajang LKS tingkat Kabupaten Purworejo.

PURWOREJO-Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YPP Purworejo meloloskan dua siswanya ke Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Keduanya adalah Febrianto Nugroho kelas XI TKP dan Nur Hidayat Kelas XI TITL A.

Mereka mewakili Purworejo karena keberhasilannya mendapatkan juara 1 untuk seleksi di tingkat Kabupaten Purworejo. Dimana Febri memang di mata lomba lomba Bricklaying, sementara Nur Hidayat di mata lomba Teknik Kontrol Industri/Industrial Control.

Ketua Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK YPP Purworejo Manggala Prasetya SPd mengatakan khusus untuk Febri langsung maju ke tingkat provinsi karena mata lomba tersebut tidak dilombakan di tingkat kabupaten.

“Pelaksanaan LKS mata lomba Industrial Control di SMKN 1 Adiwerna Tegal tanggal 1-3 Mei 2024. Sedangkan untuk mata lomba Bricklaying juga berlangsung di Tegal,” kata Manggala, Senin (29/4/2024).

Baca Juga : SMK PN2 Ditetapkan Menjadi SMK PK Dengan Skema Pemadanan

Manggala menyebut untuk mata lomba Industrial Control, tahun ini menjadi tahun kedua maju ke tingkat provinsi. Dan tahun lalu, siswanya berada di juara harapan 5.
“Untuk tahun ini target bisa 3 besar. Tapi itupun lihat situasi, karena persiapannya sangat mepet,” imbuh Manggala.

Lebih jauh dikatakan, LKS tingkat provinsi mata lomba Industrial Control, seperti simulasi pengeboran peralatan di industri. Jadi nanti sistemnya untuk membuat suatu peralatan entah apapun itu, ada sistem pengeborannya. Nah dalam pengeboran itu ada dua tahap, yakni drilling dan stream, yang prosesnya disimulasikan secara berurutan. Dan itu nantinya menggunakan sistem Otomasi yang berkaitan dengan HMI (Human Machine Interface).

“Mohon doanya, semoga target tercapai,” kata Manggala.

Kepala SMK YPP Purworejo Mugi Widodo MPd mengungkapkan, bahwa untuk jumlah perolehan medali dalam LKS tingkat kabupaten sama dengan tahun sebelumnya. Hanya saja untuk tahun ini yang maju ke tingkat provinsi dua, sementara tahun lalu ada tiga.

“Semoga kedepan prestasi kita di LKS lebih baik lagi. Akan kita rekrut atau dipersiapkan dari sekarang untuk LKS tahun depan dari kelas X,” ujar Mugi Widodo.

Atas prestasi anak didiknya ini, terang Mugi, sebagai bentuk apresiasi dari sekolah, ada reward tersendiri bagi para peraih juara LKS tingkat kabupaten ini. Bagi peraih juara 1 ada pembebasan uang SPP selama 6 bulan, juara 2 bebas SPP 4 bulan dan juara 3 bebas SPP 2 bulan.

Dan sebagai bentuk dukungan dari sekolah, selama siswa menjalani pelatihan juga ada pemberian uang transport untuk memotivasi mereka.

Selain meraih juara 1 pada mata lomba Teknik Kontrol Industri, dalam LKS SMK tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2024 dari SMK YPP juga meraih juara 2 CNC Turning oleh Eko Sholeh Maulana (XI TMI A), juara 3 CNC Milling/Sistem Otomasi Mesin Perkakas) oleh Fiki Nurokhim (XI TMI E), juara 3 Mould Making/Teknik Rekayasa Cetak Plastik oleh Dimas Fahru Rizki (XI TMI D) serta juara 3 Commercial Wiring/Teknik Instalasi Kelistrikan oleh Nur Muhammad (XI TITL A). (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test