Kwarcab Gelar Seleksi Pramuka Garuda Berprestasi

pramuka garuda
LOMBA : Peserta lomba Eagle Scout Awards (ESA) Cabang Tahun 2024 di Sanggar Bhakti Pramuka.

PURWOREJO-Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Purworejo menggelar lomba Eagle Scout Awards (ESA) Cabang Tahun 2024 di Sanggar Bhakti, Sabtu (4/5/2024). Diikuti 28 Pramuka Garuda perwakilan dari kwartir ranting, bertujuan melakukan seleksi Pramuka Garuda golongan Siaga untuk dipilih sebagai Pramuka Garuda berprestasi di tingkat Purworejo Tahun 2024.

Selain memilih pramuka berprestasi, kegiatan ini juga bertujuan membekali para Pramuka Garuda Purworejo dengan pendalaman mental dan karakter, peningkatan scouting skills dan pengembangan soft skills.

Wakil Ketua Bina Muda Kwarcab Purworejo, Tamsir Marsudi Utomo menjelaskan bahwa materi yang dilombakan meliputi kelengkapan administrasi (saat registrasi), uji kemampuan tertulis, uji praktik (Spontanity Skill Test), dan esai atau tulisan pendek tentang “Proses Menjadi Pramuka Garuda”.

Baca juga : Pramuka Miliki Peran Pembinaan Karakter Generasi Muda

Disamping itu juga ketrampilan kepramukaan (scouting skill), kreasi talenta Garuda, kepemimpinan, wawancara, verifikasi portofolio, komunikasi, performance dan conversation.

“Kegiatan ini merupakan ajang prestasi perindividu (bukan kelompok) sebagai sarana untuk berkompetisi meraih predikat yang terbaik, namun tetap dalam suasana persaudaraan dan persahabatan,” katanya.

Dalam kegiatan Eagle Scout Awards Garuda yang berperprestasi Ke-1 (putra dan putri) setiap golongan berhak mengikuti lomba Pramuka Garuda berprestasi tingkat Jawa Tengah tahun 2024.

Untuk tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah Pramuka Garuda Berprestasi golongan siaga akan ilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Pesta Siaga Kwarda Jateng Tahun 2024 pada Sabtu (25/5/2024) mendatang di Kwarcab Klaten.

Untuk Pramuka Garuda Berprestasi golongan Penggalang dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Jambore Daerah SMP/MTs Kwarda Jateng Tahun 2024 pada tanggal 10-14 Agustus 2024 di Puskepram “Candra Birawa” Karanggeneng, Gunung Pati, Kota Semarang Jawa Tengah. (nif)

Penulis: Hanif Nasir Editor: Agung Budi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test