Suhu di Arab Diprediksi Panas, Calhaj Diminta Jaga Kondisi

calon jamaah haji
ARAHAN : Calhaj tengah mengikuti arahan dari Bupati Yuli Hastuti saat pelepasan di pendopo rumah dinas bupati.

PURWOREJO-Fisik menjadi hal yang harus diperhatikan dalam ibadah Haji. Dan fisik yang baik itu akan diperoleh dari kondisi yang prima dan selalu menjaga kesehatan.

Hal itu disampaikan Bupati Yuli Hastuti SH saat melepas jamaah calon haji Kabupaten Purworejo di Pendopo rumah dinas Bupati, Senin (6/5/2024). Tercatat, untuk haji tahun ini, Purworejo akan memberangkatkan 658 orang yan akan dalam 3 kelompok terbang.

“Tidak saja fisik yang juga harus dipersiapkan adalah mental yang maksimal. Kita berdoa bersama agar semua calon jamaah haji bisa menjalankan ibadah dengan sempurna,” kata Yuli Hastuti.

Lebih lanjut Bupati mengajak semua peserta dan unsur terkait mengucapkan terimakasih dan mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena mendapatkan kesempatan yang penuh barokah ini. Ia menilai ibadah haji merupakan ibadah yang sangat istimewa dan membutuhkan biaya yang besar serta memiliki resiko yang tidak ringan.

Baca juga : Calon Jamaah Haji 2024 Mulai Ikuti Manasik Haji

“Selain itu memerlukan persiapan yang matang baik fisik, mental maupun finansial. Meski demikian jumlah kaum muslimin yang ingin berangkat haji terus meningkat,” tambahnya.

Bupati meminta jamaah selalu berkomunikasi dan berkonsultasi kepada para petugas, karena suhu udara di Arab Saudi berbeda dengan di tanah air. Cuaca di Arab Saudi selama musim haji diperkirakan mirip dengan tahun lalu, dengan suhu berkisar antara 45–50 derajat celsius. Ia berpesan untuk mengedepankan semangat persaudaraan, kerja sama, saling menghormati, dan saling menolong.

“Jagalah nama baik bangsa Indonesia dan Kabupaten Purworejo. Semoga Bapak/Ibu diberi kemudahan dan kelancaran, sehingga dapat berangkat dan pulang kembali ke tanah air dengan selamat dan membawa predikat haji mabrur/mabruroh,” imbuh Yuli Hastuti.

Kabag Kesra Andang Nugerahatera SSTP MSi melaporkan bahwa panitia telah melakukan persiapan dan koordinasi secara intensif dengan berbagai pihak terkait. Yakni Kodim 0708, Polres Purworejo, Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, serta Perangkat Daerah dan para pihak untuk memastikan pemberangkatan berjalan dengan baik dan lancar.

“Alhamdulillah 658 peserta jamaah calon haji dilepas, ada 3 kloter yakni kloter 5 memberangkatkan sebanyak 17 orang, kloter 6 sebanyak 355 dan kloter 7 sebanyak 286. Kami telah menyiapkan fasilitas transportasi yang aman dan nyaman, serta memastikan kelancaran proses keberangkatan dari Purworejo hingga ke Donohudan. Selain itu ada tim kesehatan juga untuk memastikan kesehatan jamaah selama perjalanan,” kata Andang. (ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test