Pendidikan Karakter Yang Kuat, Kunci Sukses SMK TKM

lulusan smk tkm
PRESTASI : Ki Gandung Ngadina bersama siswa yang berprestasi.

PURWOREJO-SMK TKM Purworejo menyerahkan kembali siswa yang telah menempuh pendidikan kepada orang tuanya masing-masing, Senin (7/5/2024). Kegiatan ini bersamaan dengan pengumuman kelulusan dimana sebelumnya dilakukan arahan dan motivasi kepada orang tua siswa kelas XII.

Arahan dan motivasi itu dihadiri oleh Ketua Yayasan Perguruan Taman Siswa Purworejo Ki Gandung Ngadino SPd MPd, jajaran komite sekolah, pinisepuh, para pamong dan karyawan SMK TKM Purworejo serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepala SMK TKM Purworejo Ki Joko Purwo Setyono ST MPd mengatakan kegiatan tersebut diikuti 340 orangtua siswa kelas XII dari 4 Kompetensi Keahlian, yakni Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Pemesinan (TP), Teknik Mekanik Industri (TMI) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Secara simbolis, penyerahan siswa dari sekolah dilakukan oleh kepala sekolah kepada perwakilan orangtua siswa. Dalam kesempatan tersebut juga ada penyerahan reward bagi siswa berprestasi peringkat 1, 2 dan 3 secara akademik per Kompetensi Keahlian, serta pembagian reward untuk 9 siswa peraih medali dalam LKS tingkat kabupaten.

Baca juga : SMK Bhakti Putra Bangsa Wisuda 49 Siswa

“Untuk para wisudawan, harapannya dengan ilmu yang didapat selama ini dari SMK TKM Purworejo dapat barokah dari Tuhan YME. Bagi yang akan melanjutkan sekolah semoga mendapatkan Perguruan Tinggi sesuai yang diinginkan, dan langsung bekerja bagi yang ingin bekerja,” kata Ki Joko.

Sebagian dari siswa kelas XII, sebut Ki Joko, sudah ada yang melanjutkan sekolah melalui jalur SNBP dan diterima di UNY Yogyakarta dan Politeknik Negeri Malang pada jurusan Bahasa Inggris untuk Industri Pariwisata. Yang memakai jalur mandiri juga sudah diterima di Politeknik ATMI Solo.

“Alhamdulillah banyak peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Jika sebelumnya di LKS hanya mampu meraih 8 medali, sekarang 9 medali. Untuk reward dari sekolah bagi siswa berprestasi di bidang akademik, jika tahun lalu hanya juara 1, 2, 3 secara global atau keseluruhan, tahun ini diambil juara 1,2 dan 3 per Kompetensi Keahlian,” imbuh Ki Joko.

Sementara itu, Ki Gandung Ngadina saat memberikan motivasi menyampaikan perlunya penanaman menanamkan sikap karakter yang bagus di SMK TKM Purworejo, salah satunya tentang kedisiplinan. Hal itu diwujudkan dalam kegiatan Pramuka di bawah bimbingan TNI AD dengan nama Saka Wira Kartika.

Penanaman sikap disiplin ini, kata Ki Gandung, salah satunya tentang Wawasan Kebangsaan. Yakni satu kesatuan pandang terhadap ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan.

Untuk itu maka dibentuklah satu sikap siswa bangga menjadi warga negara Indonesia. Keunggulan suatu bangsa dimanapun, akan menjadi unggul apabila sumberdaya manusianya unggul. Sumberdaya manusia unggul itu yang menyiapkan adalah sekolah dari TK hingga Perguruan Tinggi.

“Maka di SMK TKM Purworejo diberikan satu pendidikan karakter yang sangat kuat, yang tak lepas dari dukungan para pamong,” kata Ki Gandung, yang juga menjabat Ketua Harian Majelis Luhur Taman Siswa.

Untuk menanamkan sikap disiplin, Ki Hajar Dewantara sebagai pendiri Taman Siswa, sebut Ki Gandung, memiliki sistem kepemimpinan yang disebut Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar yakni Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani.

Pihaknya sangat membanggakan anak-anak SMK TKM Purworejo yang memiliki prestasi, yakni, dalam PSAJ berjalan lancar dan lulus seratus persen, dalam LKS SMK tingkat Kabupaten Purworejo juga meraih medali terbanyak dengan 9 perolehan medali (2 emas, 5 perak dan 2 perunggu).

“Itu semua tak lepas dari penanaman sikap disiplin ini,” kata Ki Gandung. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test