Ada Kader Parpol Lain Berniat Maju Lewat PKB

pkb
PARPOL : Sekretaris Toha Mahasin saat mendampingi Ketua PKB Fran Suharmaji menerima silaturahmi parpol di Clapar Kecamatan Bagelen.

PURWOREJO-Kader dari partai lain di Kabupaten Purworejo sudah menghubungi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Purworejo untuk maju dalam kontestasi Pilkada serentak 2024. Namun hal itu baru sebatas omong-omong semata dan belum sampai dalam tahap pendaftaran.

Hal itu disampaikan Sekretaris PKB Purworejo, Toha Mahasin saat ditanyakan perkembangan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar melalui partai tersebut, Rabu (8/5/2024). PKB sendiri sudah membuka pendaftaran sejak 20 April 2024 dan akan ditutup pada Juli mendatang.

“Mendaftar secara pasti belum ada. Tapi kalau telepon-teleponan meminta informasi ya ada. Bahkan ada kader dari partai besar lain yang juga sudah komunikasi. Tapi iya dan tidaknya belum pasti, wong belum mendaftar,” kata Toha.

Baca juga : Banyak Dikunjungi Partai Lain, PKB Purworejo Tak Mau Jumawa

Dikatakan, PKB terbuka bagi siapapun untuk mendaftarkan diri. Peminat bisa mendaftarkan diri secara langsung ataupun online. Bagi yang akan mendaftar secara online bisa klik di sicakada.pkb.id .

“Di PKB, mereka yang mendaftar akan langsung dilakukan UKK (uji kelayakan kepatutan),” jelas Toha.

Jika lolos dari UKK, mereka akan mendapatkan rekomendasi awal atau tahap pertama yang bisa digunakan untuk melakukan pejajagan koalisi atau membantu partai dalam membangun koalisi. Kebijakan diberikan kepada semua pendaftar yang sudah lolos UKK.

Dari semua yang mendapatkan rekomendasi awal itu, PKB akan melakukan pencermatan dan penilaian terhadap gerak dan keberhasilan para bakal calon. Mereka yang dinilai paling berhasil akan mendapatkan rekomendasi kedua yang diperkirakan akan turun antara 27-29 Agustus 2024 nanti.

“Untuk rekomendasi kedua ini hanya akan muncul nama. Sementara untuk rekomendasi pertama bisa lebih dari dari nama,” imbuh Toha. (nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test