Lomba PMR Wira Saka Se-Eks Karisidenan Kedu Diadakan di Purworejo

pmr wira saka
GONG : Pemukulan gong menandai dimulainya lomba PMR Wira Saka se-Kedu yang diadakan di UM Purworejo.

PURWOREJO-Perwakilan Palang Merah Remaja (PMR) se-eks Karesidenan Kedu mengikuti lomba PMR Wira Saka yang diadakan di Universitas Muhammadiyah Purworejo (UM Purworejo), Sabtu (11/5/2024). Tercatat ada 23 peserta dari SMA/SMK/MA yang ambil bagian dalam lomba tersebut.

Bupati Yuli Hastuti yang membuka kegiatan itu meminta seluruh peserta untuk menunjukkan dedikasi dan prestasi. Tapi disisi lain mereka juga diminta tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan beberapa hal, antara lain tentang pentingnya meningkatkan wawasan, pemahaman, dan keterampilan dalam penguasaan materi PMR.

“Karena PMR bukanlah sekadar organisasi biasa, melainkan suatu bentuk komitmen nyata untuk menjadi agen perubahan dalam memberikan kesadaran akan pentingnya kemanusiaan. Pentingnya memobilisasi kegiatan ekstrakurikuler PMR di sekolah. Kegiatan ini tidak hanya akan memperkaya pengetahuan dan keterampilan peserta, tetapi juga akan membentuk karakter yang kuat dalam membantu sesama dan menjunjung tinggi semangat kemanusiaan,” kata Yuli.

Baca juga : Polres Kawal Aksi Damai Mahasiswa UM Purworejo

Melaksanakan dan mengaplikasikan Tri Bhakti PMR yaitu Meningkatkan keterampilan hidup sehat, Berkarya dan berbakti di Masyarakat, serta mempererat persahabatan nasional dan internasional.

“Tri Bhakti ini menjadi pondasi dalam membentuk generasi muda yang peduli dan bertanggung jawab terhadap kemanusiaan,” imbuh Bupati.

Kabag Kemahasiswaan UM Purworejo, Dedi Runanto SE MSi menyampaikan, kegiatan seperti ini terlepas dari kompetisinya, meningkatkan kapasitas siswa. Dimana peningkatan itu nantinya akan menjadikan bahwa siswa itu menjadi lebih peduli dengan sesamanya.

Dari peningkatan kepedulian ini berarti dia secara usia remaja itu nantinya dia akan memiliki sesuatu yang lebih dibandingkan dengan remaja lainnya. Artinya bahwa kegiatan ini tentu menjadi positif bagi remaja secara pribadi.

“Secara sekolah maka kegiatan ini juga meningkatkan eksistensi sekolah dimana masing-masing sekolah memilliki ekstrakurikuler yang bernama PMR. Sementara dari kampus ini juga merupakan eksistensi kampus di mana kampus turut mengembangkan PMR di sekolah melalui penyelenggaraan event ini,” ujarnya

Luthfia Azlina selaku Ketua Panitia menjelaskan, bahwa dalam lomba PMR Wira se – eks Karesidenan Kedu ini mempertandingkan tiga mata lomba, yakni PP (Pertolongan Pertama), PK (Perawatan Keluarga) dan Sosialisasi Donor Darah.

“Lomba di bawah penilaian 6 juri dari PMI Magelang. Kita ada dua line, karena mengingat waktu, dimana yang PP memakan waktu lama, jadi kita buat 2 line untuk 23 peserta,” jelas Luthfia, didampingi Komandan KSR PMI Unit UM Purworejo Nourma Citra Maulani. (ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test