Demokrat dan Gerindra Purworejo Sepakat Berkoalisi

gerindra demokrat
Ketua Gerindra Jawa Tengah Sudaryono (tengah) bersama Ketua Gerindra Purworejo Hamdan Azhari dan Ketua Demokrat Purworejo Yophi Prabowo.

PURWOREJO-Partai Demokrat dan Partai Gerindra Purworejo sepakat untuk bekerjasama dalam Pilkada serentak 2024 nanti. Koalisi kedua partai ini total memiliki 12 kursi di DPRD Purworejo periode 2024-2024, dimana Demokrat memiliki 7 kursi dan Gerindra menempatkan 5 wakilnya.

Kesepakatan bekerjasama itu diiyakan Sudaryono, Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Sudaryono saat memimpin pertemuan Gerindra Jateng dan Purworejo bertemu dengan jajaran Demokrat Purworejo yang diketuai Yophi Prabowo di Rumah Makan Satu-Satu, Sabtu (11/5/2024) malam.

“Intinya Gerindra dan Demokrat sepakat untuk jalin komunikasi. Demokrat akan bersama Gerindra di Pilgub Jawa Tengah dan Gerindra akan menyertai Demokrat di beberapa pemilihan bupati dan walikota di Jawa Tengah, termasuk di Purworejo,” kata Sudaryono.

Dalam menentukan calon, lanjutnya, ada mekanisme atau tahapan yang yang harus dilalui oleh partai politik yaitu dengan melakukan penjaringan di level kabupaten (DPC), penyaringan di level propinsi (DPD) dan pemutusan di level pusat (DPP).

Sudaryono memberikan dukungan bagi Yophi Prabowo untuk maju dalam pencalonan Bupati nanti. Dia melihat jika Wakil Ketua DPRD Purworejo itu cocok menjadi Bupati Purworejo. “Pak Yophi cocok jadi bupati,” katanya.

Walaupun sudah siap menempatkan Yophi sebagai calon bupati yang akan diusung, namun Gerindra juga akan mendorong kader potensialnya untuk maju dalam Pilkada nanti. Itu tetap dilakukan sebagai salah satu bagian dari pembinaan kader.

“Kita punya banyak kader potensial untuk maju jadi bupati ataupun wakil bupati. Ini didasarkan hitungan matriks, mau dan mampu,” tambahnya.

Ketua Demokrat Purworejo, Yophi Prabowo, mengaku juga merasakan chemistry yang sama dengan Gerindra, yaitu mentaati instruksi dari atas. Menindaklanjuti keputusan Demokrat Jawa Tengah yang akan mensukseskan Sudaryono sebagai calon Gubernur, pihaknya juga memberikan dukungan.

“Kami sangat cocok melihat figurnya beliau. Pantas beliau menjadi Gubernur Jawa Tengah,” kata Yophi.

Dia juga menyatakan dari pertemuan tersebut sudah disepakati kerjasama antara kedua parpol tersebut di Purworejo. Keduanya juga akan tetap menggalang koalisi dan masih akan melakukan komunikasi dengan partai lain. (ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test