SMPN 1 Wakili Purworejo Maju LCCM Jateng

lccm
DUKUNG : Pendukung salah satu tim turut memeriahkan suasana LCCM tingkat Purworejo yang diadakan di Gedung Kesenian WR Soepratman Purworejo.

PURWOREJO-SMP Negeri 1 Purworejo berhasil meraih peringkat pertama dalam Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) Tingkat SMP se-Kabupaten Purworejo tahun 2024 di Gedung Kesenian WR Soepratman Purworejo, Kamis (16/5/2024). Mereka berhasil mengungguli dua finalis lain yakni SMPN 2 dan SMPN 8.

Kepala Dindikbud Kabupaten Purworejo, Wasit Diono SSos, menyebut LCCM ini digelar untuk memupuk rasa cinta tanah air melalui sejarah dan tinggalan budaya. Selain itu juga memberikan pengetahuan kepada masyarakat umum tentang peranan museum sebagai tempat belajar dan beramain.

“Nantinya juara 1 LCCM Kabupaten Purworejo akan mewakili Kabupaten Purworejo untuk mengikuti LCCM di tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional,” sebutnya.

Baca juga : SDN Tegalkuning Ajak Siswa Kenali Purworejo

Dijelaskan, LCCM tahun 2024 diikuti oleh 21 tim perwakilan SMP se-Kabupaten Purworejo pada tahap seleksi yang telah dilaksanakan sebelumnya pada Selasa, 14 Mei 2024. Pada tahap seleksi keluar peringkat 10 besar yakni SMP Negeri 1 Purworejo, SMP Negeri 2 Purworejo, SMP Negeri 8 Purworejo, SMP Negeri 4 Purworejo, SMP Negeri 11 Purworejo, SMP Negeri 31 Purworejo, SMP Bruderan Purworejo, SMP Negeri 32 Purworejo, SMP Negeri 17 Purworejo dan SMP Ngeri 25 Purworejo.

LCCM 2024 menghadirkan juri-juri kompeten, di antaranya Arkeolog Jujun Kurniawan MA Ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia, Yusuf Senja Kurniawan, Dinas Kebudayaan DIY dan Umarul Mukhtar Alwazir Dinas Kebduayaan DIY.

Juara 1 LCCM Tingkat Kabupaten Purworejo diraih oleh SMP Negeri 1 Purworejo dimana akan menjadi wakil Kabupaten Purworejo di LCCM Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Untuk Juara 2 diraih oleh SMP Negeri 8 Purworejo dan Juara 3 SMP Negeri 2 Purworejo.

“Adanya LCCM menguatkan kehadiran museum di tengah-tengah masyarakat. Keberadaan museum betul-betul dirasakan manfaatnya bagi khalayak luas. Terutama di kalangan adik-adik pelajar,” harap Wasit. (ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test