Perpustakaan Bersholawat Jadi Nilai Lebih Dinpusip

perpustakaan
SANTUNAN : Bupati Yuli Hastuti menyerahkan santunan kepada anak yatim dalam kegiatan Perpustakaan Bersholawat.

KUTOARJO-Momen Peringatan Hari Pemberdayaan Perpustakaan diperingati oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Purworejo dengan mengadakan Perpustakaan Bersholawat di halaman gedung Perpustakaan Daerah di Kutoarjo, Jumat (17/5/2024) malam. Kegiatan yang bertemakan “Menyatu dengan Ketaqwaan melalui Sholawat dan Kajian Literatur Islami di Perpustakaan” ini dihadiri oleh Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH.

Pada momen ini juga dilaksanakan pemberian santunan kepada 10 anak yatim yang diberikan langsung oleh Bupati Purworejo.

“Hari Pemberdayaan Perpustakaan menjadi momentum yang berharga untuk menghargai peran strategis perpustakaan dalam pembangunan masyarakat berbasis pengetahuan dan ketaqwaan. Acara ini tidak hanya sekadar peringatan, namun juga sebuah ajakan untuk menjadikan perpustakaan sebagai tempat yang tidak hanya penuh dengan buku-buku, tetapi juga terisi dengan semangat keagamaan yang membimbing dan mencerahkan,” kata Yuli Hastuti.

Baca juga : Safari Perpustakaan Menyasar Desa/Kelurahan Miskin

Menurutnya Hari Pemberdayaan Perpustakaan menjadi momen penting untuk menggugah kesadaran akan peran vital perpustakaan sebagai jantung kegiatan pengetahuan, pembelajaran, dan kebudayaan dalam masyarakat. Sekaligus membuktikan bahwa perpustakaan bukan hanya tentang buku, namun juga menjadi khasanah berbagai ilmu yang memperkaya olah pikir dan batin.

“Perayaan ini bukan sekadar ritual, melainkan kesempatan emas untuk mengukuhkan peran perpustakaan sebagai pangkalan budaya literasi yang mampu membentuk generasi cerdas dan terdidik,” tambahnya.

Ketua panitia Perpustakaan Bersholawat, Aspiyatun, menyatakan kegiatan bersholawat dilakukan untuk membuka wawasan bahwa peran perpustakaan tidak hanya menumbuhkan minat membaca buku atau literasi.

“Perpustakaan telah bertransformasi, termasuk menggerakkan pendidikan moral terutama generasi muda melalui sholawat,” jelas Aspiyatun yang menjabat Kabid Perpustakaan Dinpusip Kabupaten Purworejo.

Acara tersebut dilaksanakan dengan mengundang habib dan hadroh lokal yang kualitasnya tidak kalah dari luar wilayah. Mereka dihadirknan dan dimanfaatkan untuk kemaslahatan umum.

Kegiatan Perpustakaan Bersholawat merupakan yang pertama kali dilakukan Dinpusip Kabupaten Purworejo. Pihaknya bersyukur acara tersebut bisa didukung oleh berbagai pihak. Termasuk Bupati yang selalu mendukung berbagai kegiatan positif yang dilakukan oleh Dinpusip Kabupaten Purworejo.(ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Test